CONTOH – CONTOH SATLAN
D
I
S
U
S
U
N
OLEH :
GISA BELA PEHULISA BR.P.A
JURUSAN BIMBINGAN KONSELING ISLAM
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA
MEDAN 2015
SATUAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
MAN KABANJAHE
A. Bahasan/Topik
Permasalahan : Belajar hidup
hemat
B. Bidang
Bimbingan : Pribadi
C. Jenis
Layanan :
Layanan
Orientasi
D. Fungsi Layanan : Pemahaman dan
pengembangan
E. Tujuan
Layanan :
1. Siswa dapat memahami lebih dalam tentang hidup hemat
2. Siswa dapat menerapkan hidup hemat dalam kehidupan
sehari-hari
F.
Sasaran : SiswaKelas X
G. Rencana Kegiatan :
1. Ice breaking : mendongeng
2. Guru menjelaskan tentang hidup hemat dan tips-tips hidup
hemat
3. Memperkenalkan
untuk memperdalam hidup hemat dalam kehidupan sehari-hari
H.
MetodePendekatan : Ceramah,
diskusi, tanya jawab
I.
TempatPenyelenggaraan :
Ruang kelas X
J.
AlokasiWaktu :
1 x 45 menit
K.
Waktu
: 11.00 – 11.45
Hari/Tanggal : Rabu, 1 November 2015
Semester
: Genap
L. Materi :
Terlampir
M. Penyelenggaraan
Layanan :
Guru BK
N. Pihak Yang
Disertakan : Kepala
Sekolah, Wali kelas
O. Alat dan Perlengkapan
: Materi, Papantulis, Spidol, penghapus.
P.
Rencana penilaian dan tindak lanjut:
1. Proses
: mengamati
siswa dalam mengikuti layanan
2. Hasil
: laiseg,
laijapang
3. Rencana tindak
lanjut : -
4. Keterkaitan
: -
Q.
Catatan
Khusus
: -
Medan, 1 November 2015
Mengetahui,
Kepala
MAN KABANJAHE
WAHYUDI
ANWAR
|
Pemberi
Layanan/Guru Pembimbing
GISABELA PEHULISA BR.P.A
|
MATERI LAYANAN ORIENTASI
CARA HIDUP
HEMAT
Hidup
hemat adalah kebiasaan positif yang harus dikembangkan, terutama jika anda
memiliki berbagai rencana di masa depan yang memerlukan uang ekstra.
Selain itu, dengan terbiasa hidup hemat, kita akan memiliki tabungan yang
bisa digunakan untuk berbagai keperluan mendesak.
Dalam
kesempatan ini, kami akan memberikan sepuluh cara ampuh untuk hidup hemat.
Cara-cara ini kami kutip dari berbagai majalah finansial, seperti Business
Today dan Telegraph.Semoga metode ini bisa berguna bagi anda.
1.
BUAT RENCANA PENGELUARAN BULANAN
Langkah pertama untuk hidup hemat
adalah dengan membuat rencana pengeluaran bulanan. Tulislah secara detail
biaya-biaya yang anda keluarkan setiap bulannya, mulai dari biaya tetap yang
wajib dibayarkan (sewa rumah, uang kuliah, transportasi, dan sebagainya) hingga
biaya-biaya kecil dan tidak terduga. Usahakan untuk secara detail
memperkirakan uang yang harus anda keluarkan, contohnya untuk peralatan mandi,
bumbu-bumbu masak, alat-alat kebersihan, dan lain-lain. Buat anggaran
maksimal untuk tiap-tiap kategori pengeluaran, dan berusahalah semaksimal
mungkin untuk tidak melebihi anggaran yang dibuat. Jika anda bisa
mengeluarkan uang lebih sedikit dari yang dianggarkan, maka hal ini akan jauh
lebih bagus.
2.
GUNAKAN JASA PRABAYAR UNTUK TELEPON SELULER DAN KONEKSI
INTERNET
Jika anda ingin menabung dan
mengembangkan pola hidup hemat, hindari menggunakan kartu pascabayar untuk
telepon genggam anda, ataupun koneksi internet yang perhitungan pemakaiannya
dihitung belakangan. Hal ini sangat berguna untuk mencegah pulsa yang
meledak karena penggunaan yang berlebih dan membuat anda harus mengeluarkan
uang ekstra.
Buat juga anggaran yang ketat untuk
uang pulsa. Biaya ini walaupun kecil namun sangat sering berakhir
melebihi anggaran yang ditetapkan. Cobalah untuk mengurangi SMS atau
telepon, di mana anda bisa menggunakan jasa-jasa pengiriman pesan gratis
seperti WhatsApp atau YM.
3.
BERBELANJA ONLINE
Berbelanja online sangat membantu anda
menyimpan uang, dengan catatan toko online yang anda pilih memiliki jasa untuk
mengantar barang hingga ke rumah anda. Walaupun mungkin sedikit lebih
mahal, namun berbelanja online bisa membuat anda menghemat waktu, tenaga, dan
anda juga tidak tergoda untuk memilih barang-barang lain selama berbelanja.
Yang terpenting, pastikan anda
membaca dengan baik persyaratan dan persetujuan toko online tersebut.
Adakah ongkos tambahan? Adakah biaya pengiriman? Berapa biaya
ekstra yang diminta untuk transaksi dengan kartu kredit? Adakah diskon
dan promosi untuk produk yang akan anda beli? Pastikan semua hal ini anda
cermati dengan baik.
4.
JIKA PERGI KE TOKO SELALU BAWA DAFTAR BELANJA
Jika anda berniat pergi ke toko dan
mengeluarkan uang dalam jumlah yang besar, cobalah untuk selalu membuat daftar
belanjaan dan membawanya ketika anda berbelanja. Akan lebih baik jika
daftar belanja tersebut dilengkapi dengan budget atau jumlah uang
maksimal yang harus dikeluarkan untuk membeli suatu barang.
Daftar belanjaan bisa membantu diri
anda untuk tidak membeli sesuatu yang tak diperlukan. Selain itu, daftar
ini juga membuat anda lebih efisien dan menghemat lebih banyak waktu, apalagi
jika anda harus melakukan belanja bulanan.
5.
CARI HIBURAN MURAH
Hiburan adalah sesuatu yang penting,
namun anda harus berhati-hati karena sektor ini yang paling bisa menghambat
anda untuk bisa hidup hemat. Cobalah untuk mencari hiburan murah yang
tetap asyik dan bisa anda nikmati bersama teman-teman anda. Contohnya,
anda bisa memilih untuk membeli DVD dan menontonnya di rumah daripada
pergi ke bioskop. Atau anda juga bisa mengadakan pesta di rumah sebagai
pengganti pesta di restoran, klub, atau bar.
Satu hal yang harus diingat, anda
memang harus hidup hemat, namun jangan mengekang diri anda terlalu ekstrim.
Sekali-kali, anda boleh memanjakan diri anda dengan hiburan mewah, jika
memang pengeluaran anda di akhir bulan masih belum melebihi anggaran yang
ditentukan.
6.
MEMASAK
Walaupun terkesan remeh, memasak
sangat membantu anda dalam berhemat. Secara logika, kita pasti sudah bisa
memperkirakan bahwa bahan-bahan masakan jauh lebih murah daripada membeli
makanan jadi di restoran. Tentu saja, untuk memasak anda harus meluangkan
waktu dan tenaga ekstra. Namun melihat nilai gizi yang lebih baik dan
jumlah uang yang bisa dihemat, rasanya metode ini perlu untuk dicoba.
Jika anda tidak mempunyai banyak
waktu, belajarlah untuk membuat makanan-makanan yang praktis dan mudah dimasak.
Contohnya bisa dilihat di resep praktis sarapan pagi yang pernah kami
tulis beberapa waktu yang lalu. Satu lagi, hindari makanan instan setiap
kali memasak, demi kesehatan anda sendiri.
7.
USAHAKAN UNTUK TIDAK BERHUTANG
Prinsip ini perlu ditanamkan
baik-baik, terutama jika anda ingin menabung dan menyimpan banyak uang di masa
depan. Sebisa mungkin, jangan berhutang kecuali hal itu benar-benar bisa
mempengaruhi kelangsungan hidup anda. Hidup sederhana tanpa hutang jauh
lebih baik daripada bermewah-mewahan tapi memiliki hutang yang menumpuk.
Jika anda terpaksa berhutang, catat
hutang-hutang tersebut dengan teliti, lengkap dengan tanggal di mana anda harus
membayarnya. Cobalah sisihkan pengeluaran harian, mingguan, atau bulanan
untuk membayar hutang-hutang tersebut secepatnya. Semakin cepat anda
melunasi hutang, semakin baik bagi kesehatan finansial anda.
Hindari membeli bahan makanan secara
eceran, karena perbedaan harganya bisa cukup besar. Ketika anda mendapat
uang gajian, langsung belanjakan (tentu saja sesuai anggaran) untuk membeli
bahan-bahan pokok seperti beras, teh, gula, tepung, sayur-sayuran, minyak, dan
bahan-bahan lain sejenis. Berbelanjalah juga di toko grosir yang menjuual
dengan harga paling murah.
Metode ini walau terkesan
merepotkan, namun sebenarnya cukup efektif karena nantinya anda tidak perlu
bolak-balik ke warung untuk membeli bahan-bahan di atas. Selain itu,
jumlah uang yang bisa ditabung pun juga jauh lebih banyak.
9.
BERSEPEDA, JALAN KAKI, ATAU GUNAKAN TRANSPORTASI UMUM
Tak bisa disangkal, jika anda
memiliki kendaraan pribadi seperti mobil atau motor, anda harus mengeluarkan
biaya ekstra untuk bensin dan perawatan. Mengingat harga bahan bakar
minyak yang sangat tinggi, cobalah untuk menghindari semaksimal mungkin
penggunaan transportasi pribadi, di luar keperluan harian rutin anda semisal
saat bekerja atau bersekolah.
Bahkan jika mungkin, tentukanlah
satu atau dua hari dalam seminggu di mana anda berangkat kerja dengan
transportasi umum, sepeda, atau berjalan kaki. Selain lebih hemat dan
sehat, anda pun jadi memiliki peran dalam mengurangi polusi serta kemacetan.
10.
DISIPLIN
Poin terpenting dalam cara hidup
hemat adalah kedisiplinan. Seberapa bagus pun rencana anggaran yang sudah
dibuat, apabila tidak ditunjang oleh kedisiplinan maka usaha yang anda lakukan
akan sia-sia. Kedisiplinan ini menyangkut kemampuan untuk mengontrol diri
sendiri untuk menabung, untuk tidak membeli barang-barang yang tidak
diperlukan, untuk tidak terlalu banyak jajan dan main, serta masih banyak lagi.
Carilah motivasi tertentu yang bisa
membuat anda tetap disiplin. Walaupun pada awalnya terdengar sulit, namun
jika sudah terbiasa, maka sikap disiplin untuk mengembangkan pola hidup hemat
akan menjadi bagian dari diri anda.
7 Miliarder
Ini Punya Cara Hidup Hemat
Ada
banyak miliarder di dunia ini. Tapi, kamu bisa jadi kaget ketika tahu hidup
sebagian miliarder ini tidak glamour dan tidak boros. Kenyataannya, kebanyakan
dari mereka meraih kesuksesan dengan cara berhemat. Berikut beberapa saran dari
tujuh miliarder yang bisa kamu ikuti:
1. Michael Bloomberg, kekayaan bersih US$ 34,3 miliar
Bloomberg
dikenal sebagai salah satu walikota kontroversial New York City dan pemegang
saham terbesar dari Bloomberg L.P., perusahaan informasi finansial skala
internasional. Namun, tidak banyak orang tahu 10 tahun lalu Bloomberg hanya
punya 2 pasang sepatu kerja.
Keduanya
berwarna hitam dan sangat nyaman dipakai. Karena berfungsi baik, Bloomberg
memutuskan untuk hanya punya 2 pasang sepatu dan tidak membeli banyak sepatu
yang belum tentu dipakai sesering mungkin.
2. Bill Gates, kekayaan bersih US$ 79 miliar
Belajar
dari kesalahan masa lalu. Melakukan kesalahan finansial biasa terjadi pada
hidup kita. Ya, kita semua melakukannya, tetapi ada orang-orang yang mencapai
kesuksesan dengan cara belajar dari pengalaman orang-orang yang pernah salah
mengatur keuangan.
Hal
ini dilakukan Bill Gates. Katanya, “Tidak salah bila kamu merayakan
kesuksesan, tapi lebih penting belajar dari kegagalan.”
3. Ingvar Kamprad, kekayaan bersih US$ 53 miliar
Hindari
pengeluaran yang tidak perlu. Ingvar Kamprad, pendiri IKEA, percaya bahwa ada
beberapa dana belanja yang tidak perlu dikeluarkan meski kamu berkelimpahan
uang. Seperti banyak orang kaya lainnya, Kamprad lebih suka duduk di kelas
ekonomi di pesawat ketimbang naik jet pribadi.
Dalam
memoarnya, Kamprad menulis “kita tidak perlu mobil mentereng, merek
terkenal, seragam, atau simbol status lainnya. Kita mengandalkan kekuatan dan
kehendak diri sendiri!”
4. Warren Buffet, kekayaan bersih US$ 66,1 miliar
Belilah
rumah sesuai kebutuhanmu. Warren Buffet ialah contoh klasik dari petuah ini.
Dia tinggal di sebuah rumah di Omaha, Nebraska, yang dibelinya pada 1958
senilai US$ 31.500. Meski punya miliaran dolar, Buffet tidak menemukan alasan
yang tepat untuk tinggal di rumah lebih besar. Sebaliknya, dia nyaman tinggal
di rumahnya yang sederhana dengan lima kamar tidur di Omaha itu.
5. Mark Zuckerberg, kekayaan bersih US$ 30 miliar
Pendiri
Facebook ini hidup hemat di banyak lini kehidupannya. Salah satunya, dia
menggunakan sedan entry-level Acura seharga US$ 30.000. Kendaraan
sederhana dan praktis ini dipilihnya ketimbang mobil mahal yang bisa saja
dibelinya.
6. Howard Schultz, kekayaan bersih US$ 2,2 miliar
Sadari
bahwa uang bukanlah segalanya. Howard Schultz, CEO Starbucks, bilang bahwa
nilai seseorang jauh lebih penting ketimbang kekayaan orang itu. “Saya tidak
pernah ingin masuk ke daftar miliarder. Saya tidak pernah mendefinisikan diri
saya dari harta. Saya selalu mencoba untuk mendefinisikan diri saya dari
value.”
7. Jim Walton, kekayaan bersih US$ 34,7 miliar
Kamu
tidak harus selalu mengenakan barang keluaran terbaru dan paling keren. Walton,
putra termuda dari pendiri Walmart yakni Sam Walton, hidup sederhana seperti
ayahnya ajarkan. Meski punya banyak uang, Walton masih mengendarai truk pick-up
yang berusia lebih dari 15 tahun.
SATUAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
MAN KABANJAHE
A.
Bahasan/TopikPermasalahan : Meningkatkan
Percaya Diri
B.
BidangBimbingan :
Pribadi
C. Jenis Layanan : Layanan
informasi
D. Fungsi Layanan : Pemahaman
E. Tujuan Layanan
Siswa dapat memperoleh pemahaman
tentang cara-cara menjadi pribadi yang percaya diri
F.
Sasaran : Siswa kelas X
G. Rencana Kegiatan :
1. Ice
breaking : mendongeng
2. Menjelaskan tentang pengertian percaya diri dan
faktor-faktor yang dapat
meningkatkan
dan mengurangi percaya diri
3. Tanya jawab
4. Kesimpulan
H. Metode
Pendekatan
: Ceramah,
diskusi, tanya jawab
I.
TempatPenyelenggaraan : Ruang kelas X
J.
AlokasiWaktu
:
1 x 45 menit
K.
Waktu
: 11.00 – 11.45
Hari/Tanggal : Rabu, 04 November 2015
Semester
: Genap
L.
Materi
: Terlampir
M. Penyelenggaraan
Layanan :
Guru BK
N. Pihak Yang
Disertakan : Wali Kelas
O. Alat dan Perlengkapan
: Materi, Papantulis, Spidol, penghapus
P.
Rencana penilaian dan tindak lanjut :
1. Proses
: Mengamati siswa dalam mengikuti
layanan
2. Hasil
: Laiseg (penilaian segera)
3. Rencana tindak lanjut : -
4. Keterkaitan
: -
Q.
Catatan Khusus : -
Medan,
04 November 2015
Mengetahui,
Kepala
MAN Kabanjahe
WAHYUDI
ANWAR
|
Pemberi
Layanan/Guru Pembimbing
GISABELA
PEHULISA BR.P.A
|
MATERI LAYANAN
INFORMASI
PERCAYA DIRI
Percaya Diri akan membuat kita bebas untuk
melakukan kesalahan dan mengalami kegagalan namun tanpa membuat diri kita
menjadi tidak berharga. Jika kita memiliki rasa percaya diri, maka secara tidak
langsung kita juga dapat meningkatkan rasa percaya diri kepada orang lain juga.
Faktanya Banyak sekali orang yang kurang percaya diri,
padahal sebenarnya dia mampu untuk melakukan hal itu. Percaya diri adalah
perasaan yang mendekatkan kita dengan keberhasilan. Jika merasa bermasalah dengan rasa percaya diri,
maka berusahalah terus mencari cara untuk mengatasi rasa kurang percaya
diri atau menumbuhkan rasa percaya diri Selain itu, banyak orang yang
masih segan untuk mengembalikan sesuatu hal yang dilemparkan oleh seseorang
yang gugup, terlalu meraba-raba dan menyesali yang telah diperbuat. Di lain
pihak, Anda mungkin dengan cepat terpengaruhi oleh seseorang yang berbicara
dengan jelas, yang lebih mengutamakan pikiran yang jernih, yang menjawab
pertanyaan dengan pasti, dan selalu siap dan tidak malu mengakui jika dia tidak
mengetahui tentang suatu hal.
Lalu berapa tingkat rasa Kepercayaan Diri anda, jika
bisa dinilai dengan skor1-10?, Apakah Anda termasuk orang yang memiliki
kepercayaan Diri yang rendah?Jangan terlalu terkungkung denga perasaan kurang
PD tersebut, karena ada berita bagus untuk anda, ternyata rasa Percaya Diri
dapat ditelaah dan dibangun. Mari kita memulai proses untuk membangun rasa
Percaya Diri itu. Namun Mohon diingat, bahwa tidak ada solusi instant untuk
itu. Seperti kata pepatah; Practice make a man perfect. Jadi yang perlu kita
lakukan untuk meningkatkan Percaya diri adalah mencoba, dan mengimplementasikan
tips berikut dalam kehidupan sehari-hari.
Berikut
Tips Cara Agar percaya diri
1.
Kenali rasa ketidaknyamanan Anda
Kita semua
pasti memiliki sesuatu rasa ketidaknyamanan pada diri kita. Misalnya karena
jerawat di muka anda, Anda menjadi selalu menyesali diri, dan selalu merasa tak
nyaman dengan teman-teman anda. Memberikan nama pada sesuatu hal yang bisa
membuat anda merasa tidak berharga, malu atau rendah dapat membantu melawan
hal-hal tersebut. Anda bisa menuliskan pikiran anda pada sehelai kertas,
dan ini dapat membuat perasaan Anda lebih ringan dan bahagia. Ingat tidak ada seorang pun yang sempurna.
Orang-orang disebelah Anda mungkin juga memiliki banyak rasa ketidaknyamanan
yang sama dengan anda. Jika dengan menuliskan masalah anda tidak cukup
membantu, anda bisa membicarakannya dengan teman dekat anda atau seseorang yang
anda cintai. Berbagai, atau istilahnya curhat akan menolong meringankan beban
yang sedang anda tanggung sendiri.
2.
Kenali kesuksesan anda
Tidak
menjadi soal seberapa besar perasaan ketidaknyamanan yang anda rasakan. Tuhan
telah memberkahi diantara kita semua dengan suatu bakat-bakat tertentu. Temukan
sesuatu hal yang Anda rasa Anda ahli dan jago di bidang tersebut, kemudian
fokuslah untuk mengembangkannya. Rendah diri adalah pernyataan pikiran yang
mendeklarasikan diri anda sebagai Korban. Jangan biarkan diri anda menjadi Korban.
3.
Bersyukurlah atas apa yang anda
miliki
Waktu
telah membuktikan bahwa akar dari perasaan ketidaknyamanan atau tidak percaya
diri adalah perasaan yang selalu merasa kurang atas kepemilikan sesuatu, apakah
itu pengakuan emosional, keberuntungan, uang, dll. Dengan mengakui dan menghargai
apa yang kita dapat, maka kita akan dapat melawan perasaan yang tidak utuh dan
tidak puas. Menemukan kedamaian dalam diri akan membangkitkan percaya diri
anda.
4.
Selalu berpikiran postif
Hindari
mendapatkan rasa kasihan dan simpati dari orang lain, apalagi mengharapkan itu.
Jangan pernah membuat orang lain memiliki pandangan atau rasa yang rendah
terhadap anda, dan mereka bisa merasa seperti itu terhadap diri Anda hanya jika
dengan ijin Anda. Jika anda terus menerus benci dan merendahkan diri anda sendiri,
maka orang akan melakukan dan menilai Anda seperti itu. Anda harus berbicara
positif tentang diri Anda, tentang masa depan anda, dan tentang kemajuan anda.
Jangan pernah takut menunjukkan kekuatan dan kualitas anda kepada orang lain.
5.
Berpakaian rapi
Walaupun
pakaian tidak serta merta akan membuat orang menjadi lebih berkualitas, tapi
berpakaian yang rapi dapat mempengaruhi cara berpikir kita terhadap diri kita
sendiri. Ketika kita tidak terlihat bagus, maka perasaan anda juga tidak akan
merasa bagus. Dan pakaian yang rapi dapat merubah cara Anda membawa diri
sendiri dan mudah berinteraksi dengan orang lain. Ini bukan berarti anda harus
menyediakan uang yang banyak untuk belanja baju. Daripada membeli banyak
pakaian namun semuanya murah, lebih baik membeli beberapa baju saja namun
dengan kualitas tinggi. Namun banyak untungya juga, sebab baju yang lebih bagus
dan sedikit lebih mahal tentu lebih kuat dibandingkan baju yang jelek dengan
harga yang murah.
6.
Berjalan dengan cepat
Gaya
berjalan sangat banyak memberikan arti tentang kepribadian Anda. Apakah suka
berjalan lambat?, seperti sedang kelelahan?menyakitkan? atau enerjik?.Orang
dengan rasa percaya diri yang bagus akan berjalan lebih cepat. Mereka memiliki
tempat yang harus dituju, orang yang harus ditemui, pekerjaan penting yang
harus dilakukan. Anda dapat meningkatkan kecepatan langkah jalan anda. Berjalan
25% lebih cepat dari sebelumnya akan dapat membuat anda terlihat dan merasa
lebih penting.
7.
Berikan pujian kepada orang lain
Ketika
berpikir negatif tentang diri kita, kadang kita juga melakukan hal yang sama pada orang lain dalam bentuk hinaan dan gosip.
Hindari hobi ngegosip, karena ini dapat menusuk diri Anda sendiri,
da mulailah untuk berusaha memberikan pujian pada orang-orang yang ada
disekitar anda. Dalam prosesnya, Anda akan menjadi orang yang disukai,
dan selanjutnya mudah untuk dapat membangun rasa percaya diri. Dengan melihat
sisi yang terbaik dari orang lain, maka secara tidak langsung akan membawa hal
yang terbaik pada diri sendiri.
8.
Duduk di bangku paling depan
Orang-orang
Aliran belakang mungkin dapat bersenang-senang di sekolah atau di kuliah pada
saat duduk di belakang, tapi itu tidak akan memberikan dorongan untuk membangun
rasa percaya diri. Jangan pernah takut untuk diperhatikan. Dengan memutuskan
untuk duduk di baris depan,anda dapat menghilangkan ketakutan yang tak
beralasan karena diperhatikan dan dapat membangun kepercayaan diri anda.
9.
Berbicaralah dan Tersenyumlah
Penelitian
membuktikan banyak orang takut berbicara atau bertanya pada grup diskusi atau
acara umum. Mereka takut akan dinilai orang lain karena berbicara sesuatu yang
konyol. Padahal, orang kebanyakan lebih menerima daripada yang kita bayangkan.
Kenyataannya kebanyakan orang memiliki ketakutan yang sama persis. Dengan berusaha
berbicara setidaknya sekali di setiap diskusi kelompok, anda akan menjadi
pembicara yang bagus, lebih percaya diri tentang pikiran anda, dan akan
dikenali sebagai leader oleh rekan-rekan anda. Selain itu,jangan lupa juga
untuk selalu tersenyum, coba untuk tersenyum sesering mungkin. Orang selalu
menyenangi wajah yang penuh senyum. Orang akan selalu welcome jika kontak
dengan anda. Wajah yang selalu tersenyum akan selalu menerima kehangatan dan
rasa sayang. Penerimaan yang baik dari orang lain akan meningkatkan rasa
percaya diri kita.
10. Berolahraga
Pikiran
yang sehat muncul dari badan/ fisik yang sehat pula. Jika anda dalam kondisi
fit, anda akan memiliki energi positif. Jika anda tidak fit, anda akan merasa
tidak menarik. Ini akan menyebabkan kemerosotan akhlak. Sedikit disiplin dalam
hidup anda dapat membantu banyak dalam pencapaian rasa percaya diri anda yang
lebih tinggi.
10
cara Instan Meningkatkan Rasa
Percaya Diri
1.
Tersenyum
Tersenyum
merupakan tips 1 detik jika anda merasa gugup dan tidak percaya diri. Anda
tidak hanya tersenyum jika anda merasa senang dan percaya diri, sebaliknya anda
bisa tersenyum untuk membuat diri anda merasa lebih baik. Tersenyum berhubungan
erat dengan perasaan positif sehingga hampir tidak mungkin anda merasa tidak
enak ketika anda tersenyum.
Tersenyum
lebih dari sekedar menunjukkan ekspresi pada wajah anda. Tersenyum melepaskan
hormon endorphin yang membuat anda merasa lebih baik, meningkatkan sirkulasi
darah di wajah anda, membuat anda merasa nyaman dengan diri anda sendiri dan
tentunya dapat meningkatkan rasa percaya diri anda. Anda juga akan tampak lebih
percaya diri di hadapan orang lain ketika anda tersenyum.
2.
Tatap Mata Lawan Bicara Anda
Sama
halnya dengan tersenyum, tataplah mata semua orang di dalam ruangan. Berikan senyum
anda dan dapat dipastikan mereka akan membalas senyuman anda; dan senyum yang
diberikan orang lain dapat meningkatkan rasa percaya diri anda dengan cepat.
Sama halnya dengan tersenyum, kontak mata menunjukkan bahwa anda percaya diri.
Menatap sepatu anda atau meja mendorong perasaan anda menjadi ragu-ragu dan
malu. Tips ini sangat berguna untuk situasi kerja; buatlah kontak mata dengan
orang yang mewawancarai anda, atau orang-orang yang menghadiri presentasi anda.
“Kontak
mata membantu anda untuk menghilangkan rasa takut jika anda sedang berbicara di
depan umum dan semakin mendekatkan anda dengan lawan bicara anda. Stress
merupakan perasaan yang datang dari sesuatu yang asing dan tidak dapat
dikendalikan. Kontak mata memberikan pembicara gambaran dari kenyataan yang
tidak lain adalah lawan bicara itu sendiri. Kontak mata juga membantu menarik
minat lawan bicara anda.” (Confident Eye Contact, Unlimited Confidence)
3.
Ubahlah Suara Dalam Diri Anda
Kebanyakan
dari kita memiliki suara dalam diri yang mengatakan bahwa kita bodoh, tidak
cukup mampu, terlalu gendut, kurus, berisik, pendiam, dll. Kemampuan merubah
suara di dalam diri anda merupakan kunci untuk memperoleh kepercayaan diri dari
dalam. Buat suara dalam diri anda menjadi teman pendukung yang paling mengenal
anda dan mengetahui bakat anda, serta menginginkan anda untuk mencapai yang
terbaik.
4.
Lupakan Standar Yang Ditetapkan
Orang Lain
Terlepas
dari situasi yang membuat anda mengalami krisis percaya diri, anda bisa
membantu diri anda sendiri dengan berpegang pada standar yang anda miliki.
Orang lain memiliki nilai yang berbeda dengan anda, dan sekeras apa pun anda
mencoba, anda tidak pernah bisa memuaskan semua orang setiap saat. Jangan
khawatir jika orang-orang menyebut anda gendut, kurus, pemalas, membosankan,
pelit, konyol, dll.. Bertahanlah pada standar yang anda miliki, bukan pada
standar yang dimiliki orang lain. Ingatlah nilai-nilai dan standar-standar yang
dimiliki umumnya berbeda dalam masyarakat; anda tidak harus menerima nilai dan
standar tersebut hanya karena orang-orang di sekitar anda menerimanya.
5.
Tampillah Serapih Mungkin
Meskipun
anda hanya memiliki sedikit waktu, pergilah ke kamar mandi untuk memastikan
anda tampil rapih. Sisirlah rambut anda, cucilah muka anda, perbaiki riasan
wajah anda, luruskan kerah anda, pastikan tidak ada sisa makanan pada gigi
anda. Semua hal ini dapat membuat perbedaan antara rasa percaya diri terhadap
penampilan anda dan rasa takut anda terhadap penampilan anda.
”Sempurnakan
penampilan fisik anda; sudah merupakan fakta bahwa penampilan seseorang
memainkan peranan penting dalam membangun rasa percaya diri. Meskipun kita tahu
apa yang kita miliki dalam diri kitalah yang penting, penampilan fisik anda
menentukan impresi orang terhadap diri anda.” (Building Blocks to Self-Confidence,
Complete Wellbeing)
6.
Berdoalah Atau Bermeditasi Sejenak
Jika
anda percaya pada Yang Maha Kuasa, mengucapkan doa bisa meningkatkan rasa
percaya diri anda (anda juga bisa melakukan meditasi selain berdoa). Langkah
ini membantu anda untuk mundur sesaat dari situasi yang serba cepat dan mencari
bantuan dari Yang Maha Kuasa. Berikut adalah sebuah contoh doa, namun anda bisa
menulis hal serupa yang sesuai dengan agama atau kepercayaan anda:
“Ya
Tuhan, terima kasih karena Kau telah mencintai dan menerimaku apa adanya..
bantulah aku untuk melakukan hal yang sama.. dan bantulah aku untuk tumbuh
menjadi sesuai dengan kehendakMu sehingga rasa percaya diriku akan bertambah;
semuanya demi keagungan namaMu dan bukan namaku. Terima kasih karena Engkau telah
mendengarkan dan menjawab doaku. Amin.” (Daily Encounter, Strengthen Your
Self-Confidence, Acts International).
7. Reka Ulang
Jika
sesuatu terjadi diluar dugaan anda, hal ini cukup mudah menggoyahkan rasa
percaya diri anda. Mungkin anda menumpahkan minuman anda, terlambat hadir di
sebuah pertemuan penting karena macet, atau seseorang yang ingin anda ajak
bicara memberikan tanggapan dingin. Cobalah untuk “mereka ulang” situasi
tersebut dan tempatkan pada situasi yang lebih positif. Seringkali suatu
kejadian menjadi negatif karena persepsi kita sendiri.
8. Tentukan
Langkah Anda Selanjutnya
Jika
anda tidak yakin dengan apa yang harus anda lakukan, temukan satu langkah
sederhana yang bisa membantu anda untuk terus maju. Hal ini mungkin saja bisa
dilakukan dengan melakukan kontak mata pada sebuah pesta, memperkenalkan diri
anda pada orang asing, memecahkan kebekuan dalam sebuah rapat, atau menanyakan
orang yang mewawancarai anda untuk menunjukkan pengetahuan anda terhadap
industri dan perusahaan mereka.
Mulailah
bertindak meskipun anda tidak memiliki gambaran yang jelas mengenai apa yang
seharusnya anda lakukan. Bergeraklah menuju sasaran anda. Koreksi diri anda di
lain kesempatan.
9. Bicaralah
Perlahan
Sebuah
tips sederhana agar anda terlihat atau menjadi lebih percaya diri adalah dengan
bicara perlahan. Jika anda bicara terlalu cepat, anda akan merasa tidak enak
karena anda sadar anda bicara terlalu cepat. Bicara perlahan memberi anda
kesempatan untuk memikirkan apa yang anda akan katakan selanjutnya. Jika anda
sedang berbicara atau melakukan presentasi, berhentilah sesaat pada akhir
sebuah frase atau kalimat untuk membantu orang lain mencerna apa yang anda
katakan.
Berbicara
perlahan menunjukkan kepercayaan diri seseorang. Seseorang yang merasa tidak
layak didengarkan akan berbicara dengan cepat, karena ia tidak mau membuat
orang lain menunggu hal-hal yang tidak layak didengarkan.
10. Ikut Ambil
Bagian
Pernahkah
anda duduk seharian di dalam kelas atau di sebuah rapat tanpa mengucapkan satu
patah kata pun? Pernahkah anda pergi bersama teman-teman anda di malam hari
dimana teman-teman anda berbincang dengan gembira sementara anda hanya duduk
dan menatap minuman anda? Kemungkinan yang terjadi adalah anda merasa tidak
terlalu percaya diri pada saat itu – dan mungkin saja anda akan merasa lebih
tidak enak sesudah malam tersebut. Apapun situasi anda, berusahalah untuk ikut
ambil bagian. Meskipun anda merasa tidak banyak yang bisa anda katakan, pikiran
dan perspektif anda sangat berharga bagi orang-orang di sekitar anda.
Dengan
mencoba untuk berbicara setidaknya satu kali dalam setiap diskusi kelompok,
anda akan menjadi pembicara yang lebih baik, lebih percaya diri mengutarakan
pikiran anda, dan dikenal sebagai seorang pemimpin oleh rekan-rekan anda.
SATUAN
LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
Sub tugas
perkembangan : Siswa memahami bakat dan minat
dalam dirinya untuk menentukan karir yang ingin dicapai
Sekolah
:
MAN KABANJAHE
Kelas/semester
:
XI / 1
Tahun
:
2016-2017
A.
Topik Permasalahan : Menyesuaikan bakat serta minat
dalam pemilihan karir di
masa depan
B.
Bidang Bimbingan : Karir
C. Jenis
Layanan : Penempatan dan Penyaluran
D.
Fungsi Layanan : Pemeliharaan
E.
Kompetensi yang ingin dicapai :
Ø Agar siswa
mampu memahami bakat yang ada didirinya
Ø Agar siswa
dapat menentukan karir dimasa depan
Ø Agar siswa
mampu mengembangkan potensi yang ada dalam diri
F.
Uraian Kegiatan
1.
Strategi Penyajian : klasikal, Tanya jawab,
diskusi, ceramah
2.
Materi :
·
Mengenali bakat dalam diri
·
Menentukan pilihan karir sesuai bakat dan minat
·
Cara mengembangkan potensi diri
G.
Tempat Penyelenggaraan
: Ruang kelas
H.
Alokasi Waktu
: 1x45 menit
I.
Pihak yang disertakan
: Sejumlah siswa kelas XI
J.
Alat dan Perlengkapan
: Spidol, papan tulis, modul psikologi
K.
Rencana Penilaian
: Lajapen
L.
Rencana tindak lanjut
: Melakukan bimbingan yang intensif dengan
siswa
M.
Catatan khusus : . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Kabanjahe, 04 – 11- 2015
Mengetahui
Kepala MAN KABANJAHE
Guru Pembimbing
WAHYUDI ANWAR
GISABELA
PEHULISA BR.P.A
MATERI LAYANAN PENEMPATAN DAN PENYALURAN
Bakat adalah sebuah talenta dari Tuhan yang
diberikan kepada kita untuk mengembangkan diri seperti yang sudah saya sedikit
jelaskan di depan. Bakat itu sendiri berupa pola pikir, kepandaian atau
kemampuan yang kita miliki sejak lahir. Walaupun kita memiliki talenta, jika
kita tidak berusaha untuk membukanya maka talenta yang diberikan Tuhan akan
menjadi sia-sia. Jadi Usaha dan Talenta adalah Jalan untuk sukses bagi
seseorang didalam kehidupannya.
Sudahkah teman mengetahui bakat yang dimiliki?
Namun jika belum tahu apa bakat yang dimiliki, belum terlambat untuk
mengetahuinya alias mumpung masih muda. Teman hanya butuh empat
kunci berikut untuk mengeluarkan potesi Anda yang sesungguhnya.
1. Keahlian
Pernahkah teman mempelajari sesuatu yang benar-benar baru dan ternyata
teman dapat menguasainya dengan mudah? Atau mengerjakan sesuatu lebih cepat
dari rekan lain? Bisa jadi, itulah bakat yang sedang memanggil, menunggu teman
melepaskan dan mengembangkannya.
Misalkan, jika teman dengan mudah bisa menyelesaikan sebuah
perhitungan saat orang lain menyumpahi kalkulator, itu artinya bakat teman
sebagai seorang akuntan atau banker sedang berusaha muncul dan menyapa teman.
Nah, pikirkanlah hal-hal yang begitu mudah bagi teman tetapi tidak bagi
teman-teman yang lain. Kemudian, perhatikan bakat apa yang tengah bekerja
pada diri teman.
2. Ketertarikan
Cara lain menemukan bakat adalah dengan memikirkan hal-hal yang begitu
teman inginkan. Seringkali hal-hal yang menarik perhatian selalu berkaitan
dengan kemampuan alami atau bakat. lni merupakan suatu pola konsisten dalam
hidup dan bukan sekadar cara menghabiskan waktu alias hobi semata.
Nah, coba pikirkan apa yang paling teman ingin lakukan seharian?
Menonton film? Melatih hewan? Menata barang? Memainkan alat musik? Atau membaca
buku? Sesuatu itu tidak harus yang menjadi ambisi teman, meski ambisi merupakan
petunjuk kuat adanya bakat yang tengah bekerja.
Jika teman seorang pembaca yang tekun atau rajin menulis di blog, bisa
jadi bakat tersembunyi teman adalah menulis. Atau bisa saja ketertarikan pada
buku membawa teman –teman pada karier kepustakaan, penerbitan, dan
lain-lain.
3. Kepuasan
Apa yang membuat teman –teman merasakan kebahagiaan dan kepuasan dalam
bekerja? Pekerjaan apa yang membuat teman –teman begitu hanyut dan merasa tak
ingin berhenti saat mengerjakannya? Bagi para atlet, perasaan hanyut sering
terjadi ketika mereka berolahraga. Sementara bagi para ahli komputer, perasaan
hanyut terjadi ketika mereka menghadapi piranti lunak.
Dalam keadaan hanyut, kita memang menjadi sangat terfokus pada
kesempatan untuk menggunakan bakat. Alhasil, pola gelombang otak kita saat itu
begitu mirip dengan pola gelombang otak ketika kita tertidur lelap. Nah,
sekarang apa yang membuat teman –teman terhanyut? Jika teman –teman belum juga
menemukan, pikirkan suatu kegiatan yang membuat Anda terlibat sepenuhnya.
Mungkin bakat teman –teman ada di sana.
4. Kebiasaan
Pernahkah teman –teman dipuji karena kemampuan atau sikap Anda?
Misalnya, orang menilai teman –teman sebagai karyawan yang sangat teratur atau
ide pemasaran teman –teman hebat, atau teman –teman pendengar yang baik, dan
lain sebagainya. Lewat komentar orang-orang di sekitar, teman –teman juga bisa
mengetahui kemampuan alami teman –teman.
Ketrampilan alami memang bisa muncul dalam berbagai cara. Namun,
kadang kita menganggapnya biasa saja karena ketrampilan itu sudah sangat
melekat sehingga hampir tak disadari kehadirannya.
Lalu, bagaimana mengenali bakat itu? Coba cermati apa yang membuat
orang tertarik pada teman –teman, mengenali Anda atau terfokus pada Anda?
Apakah teman –teman menjadi tempat curahan hati teman-teman yang lain? Atau
mereka selalu meminta pendapat teman –teman soal pakaian? Nah, di sanalah bakat
teman –teman tersimpan. teman –teman hanya perlu mencari kesempatan untuk
mengembangkannya.
Inilah beberapa cara untuk meningkatkan potensi diri :
1. Tetap fokus terhadap potensi – bukan terhadap
keterbatasan diri. ketika kita merasa kecil hati karena mungkin diri ini tidak
semenarik atau sepintar orang lain. Barangkali tidak ada kebiasaan yang lebih
menggerogoti rasa percaya diri daripada kebiasaan untuk melirik orang-orang
lain di sekitar kita dan membandingkan diri kita dengan mereka. Dan bila kita
melihat ternyata orang lain itu memang lebih menarik atau lebih pintar maka
perasaan berharga akan diri sendiri pun mulai luntur. Maka jawabannya
jadilah dirimu sepenuhnya!
2. Tetap fokus terhadap hal-hal yang bisa kita
kerjakan dengan baik. yang menentukan keberhasilan itu biasanya bukanlah
bakat mentah, tapi niat dan ketekunan.
3. Tanamkan di benak kita bahwa diri kita sebagai
orang yang berhasil, jika kita bisa menggambarkan hal-hal yang bermanfaat, maka
dengan suatu cara tertentu maka hal-hal tersebut pasti akan terlaksana.
4. Lepaskan diri kita dari tumpuan harapan orang
lain.Usaha kita untuk menolak penyesuaian diri dan mengembangkan beberapa ciri
atau keanehan kecil tertentu adalah suatu langkah menuju kemerdekaan dan rasa
percaya diri.
5. Membina hubungan dengan relasi atau
persahabatan yang mendukung.dengan berusaha di mana pun dan kapan pun untuk
membangun suatu jaringan persahabatan yang menopang dan memperkaya hidup.
Adapun seandainya ada sahabat atau bahkan keluarga mungkin yang dalam
hubungannya dengan kita barangkali kurang harmonis kita jangan dipusingkan
dengan masalah itu yang terpenting sebisa mungkin usahakan tetap membina
hubungan baik.
SATUAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
MAN KABANJAHE
A. A. Bahasan/TopikPermasalahan : Pentingnya norma tata karma dalam bergaul baik di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat.
B. BidangBimbingan
: Sosial
C. JenisLayanan
: Penguasaan
konten
D. FungsiLayanan
: Pemahaman dan
pengembangan
E. E.
TujuanLayanan
:
1. Siswa dapat
memahami tentang pentingnya tata krama dalam bergaul
2. Siswa melaksanakan
norma tata krama dalam bergaul di lingkungan sekitar
F. Sasaran
: SiswaKelas X
G. Rencana Kegiatan
:
1. Ice
breaking : mendongeng
2. Melatih siswa untuk bergaul yang baik dengan menerapkan
norma tata krama yang ada
3. Memberi tugas
4. Mempraktekkan
5. Tanya jawab
6. Kesimpulan
H. Metode Pendekatan
: Ceramah,
diskusi, tanya jawab
I.
Tempat Penyelenggaraan : Ruangkelas X
J.
Alokasi
Waktu
:
1 x 45 menit
K.
Waktu
:11.00 – 11.45
Hari/Tanggal
: Kamis, 05 November 2015
Semester
: Genap
L.
Materi
: Terlampir
M. Penyelenggaraan
Layanan :
Guru BK
N. Pihak Yang
Disertakan :Wali kelas
O. Alat dan Perlengkapan
:materi,
Papantulis, Spidol, penghapus.
P. Rencana penilaian
dan tindak lanjut:
1. Proses
: mengamati
siswa dalam mengikuti layanan
2. Hasil
: Laiseg /
laijapan
3. Rencana tindak lanjut : -
4. Keterkaitan
: -
Q. Catatan
Khusus : -
Medan, 05 Novemver 2015
Mengetahui,
Kepala
MAN Kabanjahe
WAHYUDI
ANWAR
|
Pemberi
Layanan/Guru Pembimbing
GISABELA
PEHULISA BR.P.A
|
MATERI
PENGUASAAN KONTEN
TATA KRAMA DALAM
BERGAUL
Bergaul yang baik adalah pergaulan
dari hati dengan penuh keihlasan.
Pergaulan dengan penuh rekayasa dan tipu daya demi kepentingan yang bernilai
rendah tidak akan pernah ‘langgeng’ dan cenderung akan menimbulkan masalah. Bergaul
dengan hati akan membuat kita
tentram dan nyaman. Kita tidak akan dihantui dengan perasaan tidak enak dan
tidak ada rasa takut kehilangan.
Apalagi kita bergaul
dengan orang yang sering menyakiti
hati, baik secara lisan maupun sikap/perbuatan. Niscaya kita tidak akan pernah
tenang dan senang bergaul dan berdekatan dengan
orang tersebut. Bahkan nantinya kita cenderung menghindari mereka. Hal ini juga
berlaku bagi kita, jika kita dianggap merugikan sehingga sejak awal pun orang
akan menghindari diri kita.
B. Rambu – Rambu dalam Pergaulan
Dalam bergaul kita patut mematuhi
rambu-rambu atau tata karma dalam pergaulan agar kita senantiasa membina
hubungan baik dengan orang lain. Rambu-rambu tersebut adalah :
1. Hindari Penghinaan
Janganlah
pernah melakukan hal-hal yang bersifat merendahkan, ejekan, dan penghinaan
dalam bentuk apapun terhadap orang lain, baik tentang kepribadiannya, postur
tubuhnya, kemampuannya dan kaadaan sosialnya. Hal ini akan menimbulkan perasaan
sakit hati dan dendam terhadap seseorang.
2. Hindari Ikut Campur Urusan Pribadi
Hindari
ikut campur urusan pribadi orang lain yang tidak ada manfaatnya bagi kita, bila
terlibat. Karena bila kita melakukannya, yang muncul hanyalah
ketidaksuka-sukaan di salah satu pihak.
3. Hindari Memotong Pembicaraan
Janganlah
suka memotong pembicaraan orang lain, jika hal ini dilakukan dalam bergaul akan
berkembang menjadi ketidaksukaan bahkan kebencian dapat bersarang ditubuh
seseorang. Karena betapa tidak enaknya bila kita sedang bicara kemudian
tiba-tiba dipotong dan disangkal oleh orang lain.
4. Hindari Membanding-bandingkan
Sedikitpun
jangan sekali-kali secara sengaja membanding-bandingkan orang lain, baik itu
berupa jasa, kebaikan penampilan, perbuatan, harta dan sebagainya. Jika orang
tersebut mendengarkan menyebabkan dia merasa dirinya tidak berharga, merasa
rendah diri atau sampai terhina.
5. Jangan membela musuhnya dan mencaci kawannya.
Setiap
orang mempunyai kawan yang disukai maupun yang dibenci. Bila membela musuhnya,
maka kita akan bergabung dengan musuhnya. Sedangkan apabila kita membenci
kawannya maka kita akan dianggap sedang mencaci dirinya. Karena orang itupun
akan merasa terhina bila temannya dihina. Sebaiknya bersikaplah netral untuk
kebaikan semua pihak. Sementara itu, dalam bergaul seharusnya kita prioritaskan
adalah memperbanyak kawan bukan lawan.
6. Hindari Merusak Kebahagiaan
Bila
seseorang tengah suka cita, gembira dan bahagia jangan sekali-kali kita
melakukan tindakan yang merusak kebahagiaan atau kegembiraannya saat itu juga.
7. Jangan Mengungkit masa Lalunya
Janganlah
pernah mengungkit kesalahan, aib atau kekurangan yang sedang berusaha
ditutup-tutupi. Siapa tahu kelemahan di masa lalu sudah terhapus dengan ia
bertaubat. Belajarlah untuk selalu bersama-sama memulai lembaran baru yang
lebih putih, bersih dan bersemangat untuk mengisi lembaran tersebut dengan
kebaikan demi kebaikan.
8. Hati-hati dengan marah
Kemarahan
yang tak terkendali dapat menghasilkan kata dan perilaku yang keji, yang akan
melukai perasaan orang lain. Hal ini tentunya dapat merusak atau menghancurkan
hubungan baik di lingkungan manapun.
9. Hindari Menertawakan Orang lain.
Sebagian
besar sikap menertawakan muncul karena menyaksikan kekurangan orang lain. Sikap,
penampilan dan wajah terkadang membuat sebagian orang tertawa karena terlihat
lucu dimata mereka. Ingatlah tertawa yang tidak pada tempatnya akan mengundang
rasa sakit hati dan merasa terhina.
Berbagai
macam rambu-rambu atau tata karma dalam pergaulan yang harus kita patuhi dan
berbagai bentuk perilaku yang harus kita hindari agar hubungan kita dengan
teman-teman kita bejalan baik. Karena hubungan petemanan yang baik tentu akan
sanggat bermanfaat bagi perkembangan dan kemajuan pribadi kita.
SATUAN
LAYANAN
BIMBINGAN
DAN KONSELING
A.
Topik Permasalahan :
Sesuai dengan permasalahan kelompok
B.
Bidang Bimbingan :
Bimbingan sosial
C.
Jenis Layanan :
Layanan konseling kelompok
D.
Fungsi Layanan :
Pengentasan dan pengembangan.
E.
Tujuan Layanan :
Memandirikan anggota kelompok
F.
sasaran Layaan :
Kelompok I (12 orang)
G
Uraian kegiatan dan Materi Layanan
:
1. Tahap Pembentukan
2. Tahap Peralihan
3. Tahap Kegiatan
4. Tahap Pengakhiran
H.
Metode :
Pemanfaatan dinamika kelompok
I. Tempat
Penyelenggaraan : Di ruang BK
J.
Waktu,Tgl, Semester : 06 November 2015 Semester 1 (satu)
K Penyelenggara
Layanan : Konselor Sekolah
L.
Pihak-pihak yang disertakan dalam penyelenggaraan layanan dan peran
masing-masing : Tidak ada
M.
Alat dan perlengkapan yang digunakan :
Kursi dan Ruangan Belajar
N.
Rencana penilaian dan tindak lanjut layanan :
Dalam proses dan setelah konseling
kelompok.
O.
Keterkaitan layanan ini dengan layanan/kegiatan pendukung :
AUM
Umum dan AUM PTSDL
P.
Catatan Khusus :
1. Pertemuan dilaksanakan sesuai dengan kesepakatan kelompok.
2.
Minta izin kepada Wakasek Bid. Kesiswaan
TIPS MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI :
Sebelum itu ada persiapan yang perlu dilakukan
sebelum terapi. Pertama benahi terlebih dahulu bagaimana cara pandang
terhadap diri Anda sendiri. Kurangi pandangan buruk mengenai diri sendiri
seperti anggapan bahwa diri kita lebih jelek dibanding orang lain, membosankan,
tak pandai bebicara, dll. Ketika Anda memandang diri sebagai orang yang
menyenangkan, ramah, dan selalu ingin membuat pertemanan dengan siapapun maka
sikap Anda-pun akan berubah saat berhubungan dengan orang lain.
Gambarkan pada dirimu sendiri. Bahwa diri Anda
itu jauh lebih baik dari apa yang telah Anda nilai.
Kedua, apapun keadaan Anda saat ini
menjadi sangat penting untuk tetap menampilkan tindakan yang positif dan
mempesona. Bagaimana cara pandang kita pada diri sendiri mutlak dipengaruhi
oleh pandangan orang lain pada kita. Jika banyak orang mengatakan bahwa kita
adalah orang yang menyenangkan, kita cenderung memandang diri kita adalah orang
yang menyenangkan. Jadi jika selama ini Anda dinilai kurang baik (salah satunya
dalam kepercayaan diri) ini waktu yang tepat untuk memulai sebuah perubahan.
Terapi untuk meningkatkan kepercayaan diri:
1. Senyum, tersenyum saat melakukan pembicaraan.
Senyum itu akan meningkatkan kepercayaan dari lawan bicara pada kita.
2. Sapa dengan ramah, sebuah prinsip dalam berkomunikasi
jika seseorang tersenyum pada kita maka kita cenderung membalasnya dengan
sebuah senyuman juga. Begitu juga jika kita ramah maka orang lain cenderung
akan ramah pada kita.
3. Tampil apa adanya, disini perlu sebuah pemikiran
lebih tentang tampil apa adanya. Bahwa ada kalanya orang lain tdk nyaman ketika
kita tampil apa adanya. Tampil apa adanya disini perlu disesuaikan dengan
pandangan orang lain tentang tampil apa adanya. Tampil adanya adalah membuat
orang lain nyaman berkomunikasi dengan kita.
4. Tetap tenang dan kontrol emosi. Ketahuilah dan
pikirkan lebih dulu apa yang hendak Anda katakan. Perhitungkan dan gunakanlah
logika untuk setiap kata-kata yang keluar dari mulut Anda. Tetap tenang dan
jangan mudah terbawa keadaan.
5. Hangat dan memberi simpati dalam bersikap.
Lakukanlah sedikit mungkin kritik terhadap apa yang dikatakan orang lain.
Perbanyak humor dan buatlah orang lain tertawa. Perlu Anda kethui orang lain
kurang senang jika mendengar keluhan dan banyak masalah yg Anda hadapi. Mereka
senang berada dekat orang yang optimis.
6. Empati. Empati itu menempatkan kaki kita di
sepatu mereka. Kita dituntut belajar untuk menempatkan diri pada kondisi yang
dialami orang lain. Mencoba mengerti bagaimana cara pikir mereka, dan apa yang
mereka lakukan. Dalam tahap ini Anda akan lebih mengerti bagaimana cara
bersikap pada orang lain dan cara pandang terhadap diri sendiri.
7. Lakukan terapi ini terus menerus hingga menjadi
kebiasaan dan menjadi jati diri Anda yang mampu percaya pada diri Anda sendiri.
Karena percaya diri ini bukan masalah antara kita dengan diri sendiri tapi juga
mutlak adalah masalah berhubungan dengan orang lain.
SATUAN
LAYANAN
BIMBINGAN
DAN KONSELING
A.
Topik Permasalahan :
Topik Bebas
B.
Bidang Bimbingan :
Bimbingan Pribadi dan sosial
C.
Jenis Layanan : Layanan bimbingan
kelompok
D.
Fungsi Layanan : Pemeliharaan,
pengembangan,dan pencegahan
E. Tujuan
Layanan :
Menambah cakrawala berpikir siswa tentang topic yang dibahas.
F.
Sasaran Layanan : Kelompok II (12
orang)
G
Uraian kegiatan dan Materi Layanan :
1. Tahap Pembentukan
2. Tahap Peralihan
3. Tahap Kegiatan
4. Tahap Pengakhiran
H.
Metode :
Pemanfaatan dinamika kelompok
I.
Tempat Penyelenggaraan :
Di ruang BK
J. Waktu,Tgl, Semester :
07 November 2015 Semester 1 (satu)
K
Penyelenggara Layanan :
Konselor Sekolah
L. Pihak-pihak yang disertakan dalam
penyelenggaraan layanan dan peran masing-masing : Tidak ada
M. Alat dan perlengkapan yang
digunakan : Kursi dan Ruangan Belajar
N. Rencana penilaian dan tindak
lanjut layanan : Dalam proses dan setelah bimbingan
kelompok.
O. Keterkaitan layanan ini dengan
layanan/kegiatan pendukung :
Data Sosiometri
P. Catatan Khusus :
1.
Pertemuan dilaksanakan sesuai dengan
kesepakatan
kelompok.
2. Minta izin kepada Wakasek
Bid. Kesiswaan
SATUAN LAYANAN
KONSELING INDIVIDU
A.Topik : Masalah
malas kuliah
B.Bidang : Pribadi Sosial
C.Jenis Layanan : Konseling Individual
D.Fugsi Layanan : Pengentasan,Pengembangan dan Pemeliharaan
E.Tujuan : Mengetahui masalah konseli yang membuatnya malas kuliah
F.Sasaran Layanan : GL
B.Bidang : Pribadi Sosial
C.Jenis Layanan : Konseling Individual
D.Fugsi Layanan : Pengentasan,Pengembangan dan Pemeliharaan
E.Tujuan : Mengetahui masalah konseli yang membuatnya malas kuliah
F.Sasaran Layanan : GL
G.Deskripsi
Masalah : GL merasa malas
kuliah karena dirasa umurnya sudah tua dandia
takut bila tidak sempat membahagiakan orang tuannya mengingat umur orang tuanya yang sudah lanjut.
H.Uraian kegiatan :
takut bila tidak sempat membahagiakan orang tuannya mengingat umur orang tuanya yang sudah lanjut.
H.Uraian kegiatan :
1.
Pendahuluan
a. Perkenalan
b. Atending
c. Opening (penyambutan dan pembicaraan topik netral)
b. Atending
c. Opening (penyambutan dan pembicaraan topik netral)
2.
Kegiatan Inti
a. Pertanyaan
Terbuka
b. Paraprase
c. Refleksi Perasaan
d. Konfrontasi
b. Paraprase
c. Refleksi Perasaan
d. Konfrontasi
3. Penutup
a. Summary (meringkas)
b. Reasurrance (penguatan/dukungan)
c. Termination (pengakhiran)
I.Metode :Wawancara Konseling
J.Tempat :Loby E
K.Hari,Tanggal/jam : senin , 09 November 2015 Jam 14:30-15:15
L.Penyelenggara :Gisabela Pehulisa br. P.A
M.Pihak-pihak yang diikutsertakan : -
N.Alat dan Perlengkapan :Kertas dan Bulpoin
O.Rencana Penilaian dan Tindak Lanjut Layanan
Rencana Penilaian
1. Laiseg :Keterbukaan GL untuk bercerita
mengungkapkan masalahnya
2. Laijapen :Kerajinan GL untuk masuk kuliah
dalam satu minggu.
3. Laijapang :Kerajinan GL untuk masuk kuliah dalam satu
bulan.
Tindak
Lanjut :Memberikan
layanan konseling individu lanjut bila diperlukan
P.Keterkaitan Layanan :Kegiatan Pendukung
Himpunan data dan AIB (Aplikasi Instrumen Bimbingan)
P.Keterkaitan Layanan :Kegiatan Pendukung
Himpunan data dan AIB (Aplikasi Instrumen Bimbingan)
Q.Catatan
Khusus : -
Medan, 09 November
2015
Perencanaan Pelayanaan
GISABELA PEHULISA BR. P.A
MATERI KONSELING INDIVIDUAL
Tips semangat kuliah
Pada pertama kuliah mungkin di antara kita pada beranggapan
kalo kuliah itu enak, bebas, santai, bisa masuk kapan aja dan terserah kita, masuk
ga masuk itu urusan kita. ya mungkin itulah bayangan kita pas belum jadi
mahasiswa. tapi tau ga itu adalah awal dari saat kita baru membayangkan yang
namanya kuliah saja karna pada saat itu kita belum masuk ke dunia itu. Nahh
algoritma jalannya kuliah dimulai saat semester pertama yang gw yakin pada pada
saat itu lagi semangat-semangat berangkatnya, pagi-pagi harus bangun, mandi
jebar jebur, ga lupa dandanan serapi mungkin, parfum dmna-mana dan ga da kata
telat masuk kelas, IPK di targetkan di atas 3 doonk.
Saat menginjak semester dua semangat yang tadinya 100%
berubh dikit jd 90% lalu semester 3 menyusut jadi 80% begtu juga ke
semester-semester berikutnya sampai ada yang semangatnya tinggal 0%, dan
akhirnya,tualah dia di kmpus,, duhhh ga ngebayang yang kya gitu.
kalo di tanya sebab semangat kuliah bisa menyusut pasti jawabannya sangat bnyak, yah namanya juga mahasiswa pasti urusannya bejibun kalopun ada mahasiswa yang ga ada kesibukan tapi masih males ya mungkin motivasinya udah mentok susah di angkat, jadi ya mo di bilangin kaya gimana susah, kecuali tobat dengan sendirinya.
kalo di tanya sebab semangat kuliah bisa menyusut pasti jawabannya sangat bnyak, yah namanya juga mahasiswa pasti urusannya bejibun kalopun ada mahasiswa yang ga ada kesibukan tapi masih males ya mungkin motivasinya udah mentok susah di angkat, jadi ya mo di bilangin kaya gimana susah, kecuali tobat dengan sendirinya.
Misalnya ada yang pengen memperbaikin tingkat semangat dalam
kuliah mungkin ada sedikit tips mudah yang bisa di bagiin disini:
1. Tips pertama yang jelas mandi dulu
sebelum kuliah, kalo males mandi paksain biar mandi karna kalo badan seger otak
juga seger.
2. Sarapan pe bener-bener kenyang biar ga ada
beban perut laper, kalo perut kenyang otomatis semua lancar, energi cukup
semangat juga mulai ada
3. Pas mau berangkat, bayangin lo kuliah pengen
ketemu ma cwe-cwe cakep di kampus lo dan kelas lo (itu juga kalo ada yang
cakep). nahh ngebayangin doank gampang kann?
4. Niatin berangkat kuliah cuma pengen ketemu
sama bokin doank (bagi yang punya bokin) ato sama temen-temen nongkrong (bagi
yang punya temen nongkrong..hehehehehe), nah dengan gitu mau ga mau nanti bokin
lo ato temen2 lo bakal nyuruh lo masuk ke kelas kan.. jadi kalo kaya gitu terus
tiap hari, udah beres deh masalah males lo..
5. Kalo lo males kuliah gara-gara jarak
kampus yang jauh dari tempat tinggal, ya udah tips paling jitu yaitu cari
kostan yang deket sama kampus. ga ada alasan males kann??
6. Coba sekali-kali lo mikir serius
kalo lo kuliah itu enggak gratis alias bayar, pasti lo sedikit-dikit bakal
sadar kalo lo ga mau buang duit cuma-cuma..
7. Kalo pengen mupuk rasa semangat lagi
kayanya lo ga usah mikir macem-macem dulu dehh buat mikir begini begitu pas
nanti di kelas. cukup dateng duduk perhatiin dosen and kalo bosen perhatiin
dosen, lo perhatiin cwe yang paling cakep di kelas lo, sumpah jurus ini paling
manjur kalo kata temen gw. kalo perlu tempat duduk lo deketan sama doi,
8. Bagi yang jomblo, jalan satu-satunya
biar lo bisa semangat kuliah lagi kayanya lo harus cari cwe yang satu kampus,
minimal cari gebetan biar lo bisa sering2 ketemu..!!
kesimpulannya sih menurut gw ga ada alasan kita untuk males masuk kuliah. masalah utama itu tentunya ada di diri sendiri, motivasiin diri sendiri kalo ga ada orang yang motivasiin lo. belajar menggurui diri sendiri.
kesimpulannya sih menurut gw ga ada alasan kita untuk males masuk kuliah. masalah utama itu tentunya ada di diri sendiri, motivasiin diri sendiri kalo ga ada orang yang motivasiin lo. belajar menggurui diri sendiri.
SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
A. Topik
Permasalahan/Bahasa :
Perkelahian antar Teman
B. Bidang
Bimbingan :
Sosial
C. Jenis
Layanan :
Layanan Mediasi
D. Fungsi Layanan : Pengentasan
E. Tujuan
Layanan : Mendamaikan antara ke dua belah
pihak
F.
Sasaran Layanan : Siswa
G. Uraian
kegiatan/materi layan :
1.
Menerimapihak-pihak yang berselisihataubertikai
2.
Menyelenggaraanperstrukturanlayananmediasi
3.
Membahasmasalah yang dirasakanolehpihak-pihak yang menjadipesertalayanan
4.
Menyelenggarakanpengubahantingkahlakupesertalayanan
5.
Membinakomitmenpesertalayanan demi hubunganbaikdenganpihak - pihak lain
6.
Melakukanpenilainsegera (laiseg)
H. Metode :
I.
Tempat penyelenggaraan : Ruang BK
J.
Tanggal : 6 Januari 2017
K. Penyelenggara
layanan : Guru BK
L. Pihak yg
disertakan : Konselor
M. Alat/Kelengkapan : infocus
N. Penilaian
dan Tindak Lanjut : Laiseg, Laijapen
O. Kaitan ke satlan
lain : saling terkait
P. Catatankhusus :
SATUAN
LAYANAN
BIMBINGAN
KONSELING
A.
Topik pembahasan :Konsultasi tentang cara
belajar
B.
Bidang Bimbingan :
Belajar
C.
Jenis Layanan :
Layanan Konsultasi
D. Fungsi Layanan :
Pemahaman dan Pengembangan
E. Hasil Yang InginDicapai :
1. Konseli mampu Menemukan Cara Belajar Yang Sesuai DenganDirinya.
2. Memiliki motivasi untuk belajar dengan rajin
1. Konseli mampu Menemukan Cara Belajar Yang Sesuai DenganDirinya.
2. Memiliki motivasi untuk belajar dengan rajin
F. Sasaran Layanan :Siswa Kelas IX
G. Uraian Kegiatan dan Materi Layanan :
1. Factor-faktor Yang mempengaruhibelajardan Cara belajar.
2. Memotivasisiswauntukbelajardenganrajin.
1. Factor-faktor Yang mempengaruhibelajardan Cara belajar.
2. Memotivasisiswauntukbelajardenganrajin.
H. Metode :wawancara
I. Tempat Penyelenggaraan : Ruang Bimbingan Konseling
J. Waktu/Tanggal Semester : ganjil
K. Pihak-Pihak yang dilibatkan : Guru BK, Guru matapelajaran dan siswa
L. Alat dan Perlengkapan : buku pelanggaran siswa Buku Pribadi
dan absensi
siswa
siswa
M. Rencana Penilaian dan Tindak :
1. Observasitingkahlakusiswasetiapharisecaraberkala
2. Kunjunganrumahbiladiperlukan
1. Observasitingkahlakusiswasetiapharisecaraberkala
2. Kunjunganrumahbiladiperlukan
N. Keterkaitan Layanan dengan
O. Kegiatan Pendukung : Himpunan data
P. CatatanKhusus : diberi brosur tentang perguruan tinggi
Medan, 04-11-2015 Mengetahui Perencana
Kepala Sekolah KegiatanLayanan
Medan, 04-11-2015 Mengetahui Perencana
Kepala Sekolah KegiatanLayanan
WAHYUDI ANWAR GISABELA PEHULISA
SATUAN
LAYANAN
BIMBINGAN
KONSELING
A.
Topik pembahasan : advokasi mengenai membela hak
siwa yang tidak mendapatkan buku
B.
Bidang Bimbingan :
Belajar
C.
Jenis Layanan :
Layanan Advokasi
D. Fungsi Layanan : mendapatkan hak siswa kembali
E. Hasil Yang InginDicapai :
1. Konseli mampu Mendapatkan haknya untuk menerima buku
1. Konseli mampu Mendapatkan haknya untuk menerima buku
2. Memiliki motivasi untuk selalu menuntut haknya.
F. Sasaran Layanan :Siswa Kelas IX
G. Uraian Kegiatan dan Materi Layanan :
1. Factor-faktor Yang menyebabkan siswa tidak mendapatkan buku.
2. Memotivasi siswa untuk menuntut haknya yang harus diperolehnyabelajar.
1. Factor-faktor Yang menyebabkan siswa tidak mendapatkan buku.
2. Memotivasi siswa untuk menuntut haknya yang harus diperolehnyabelajar.
H. Metode :wawancara
I. Tempat Penyelenggaraan : Ruang Bimbingan Konseling
J. Waktu/Tanggal Semester : ganjil
K. Pihak-Pihak yang dilibatkan : Guru BK, Guru matapelajaran dan siswa
L. Alat dan Perlengkapan : buku data siswa yang belum
mendapat buku, dan penjelasan dari teman – temannya.
M. Rencana Penilaian dan Tindak :
1. Observasi tingkah laku siswa setiap hari secara berkala
2. Kunjungan rumah bila diperlukan
1. Observasi tingkah laku siswa setiap hari secara berkala
2. Kunjungan rumah bila diperlukan
N. Keterkaitan Layanan dengan
O. Kegiatan Pendukung : Himpunan data
P. CatatanKhusus : diberi nasihat agar menuntut haknya apabila
belum diberikan buku.
Medan, 04-11-2015 Mengetahui Perencana
Kepala Sekolah KegiatanLayanan
WAHYUDI
ANWAR GISABELA
PEHULISA
banyak kak contohnya..
BalasHapusback ya kak
https://irvanhermawanto.blogspot.co.id/2016/12/contoh-satuan-layanan-bimbingan-dan.html
banyak kak contohnya..
BalasHapusback ya kak
https://irvanhermawanto.blogspot.co.id/2016/12/contoh-satuan-layanan-bimbingan-dan.html
Tolong share contoh laporan pelaksanaan layanan mediasi, mungkin teman teman yg sudah pernah membuat
BalasHapus