Minggu, 12 Juni 2016

CONTOH - CONTOH SATLAN DAN MATERINYA


CONTOH – CONTOH SATLAN
D
I
S
U
S
U
N
 OLEH :
GISA BELA PEHULISA BR.P.A

 
JURUSAN BIMBINGAN KONSELING ISLAM
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA
MEDAN 2015


SATUAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
MAN KABANJAHE

A.    Bahasan/Topik Permasalahan            : Belajar hidup hemat
B.     Bidang Bimbingan                           : Pribadi
C.     Jenis Layanan                                   : Layanan Orientasi
D.    Fungsi Layanan                                 : Pemahaman dan pengembangan
E.     Tujuan Layanan                                :
1. Siswa dapat memahami lebih dalam tentang hidup hemat
2. Siswa dapat menerapkan hidup hemat dalam kehidupan sehari-hari
F.      Sasaran                                             : SiswaKelas X
G.    Rencana Kegiatan                             :
1. Ice breaking                                                : mendongeng
2. Guru menjelaskan tentang hidup hemat dan tips-tips hidup hemat
3.  Memperkenalkan untuk memperdalam hidup hemat dalam kehidupan sehari-hari
H.    MetodePendekatan                           : Ceramah, diskusi, tanya jawab
I.       TempatPenyelenggaraan                  : Ruang kelas X
J.       AlokasiWaktu                                              : 1 x 45 menit
K.    Waktu                                                           : 11.00 – 11.45
Hari/Tanggal                                 : Rabu, 1 November 2015
Semester                                  : Genap
L.     Materi                                                           : Terlampir
M.   Penyelenggaraan Layanan                 : Guru BK
N.    Pihak Yang Disertakan                     : Kepala Sekolah, Wali kelas
O.    Alat dan Perlengkapan                      : Materi, Papantulis, Spidol, penghapus.
P.   Rencana penilaian dan tindak lanjut:
1. Proses                                              : mengamati siswa dalam mengikuti layanan
2. Hasil                                                : laiseg, laijapang
3.  Rencana tindak lanjut                    :           -
4.  Keterkaitan                                    :           -
Q.    Catatan Khusus                               :             -



Medan, 1 November 2015


Mengetahui,
Kepala MAN KABANJAHE


WAHYUDI ANWAR

Pemberi Layanan/Guru Pembimbing


GISABELA PEHULISA BR.P.A

















MATERI LAYANAN ORIENTASI
CARA HIDUP HEMAT
Hidup hemat adalah kebiasaan positif yang harus dikembangkan, terutama jika anda memiliki berbagai rencana di masa depan yang memerlukan uang ekstra.  Selain itu, dengan terbiasa hidup hemat, kita akan memiliki tabungan yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan mendesak.
Dalam kesempatan ini, kami akan memberikan sepuluh cara ampuh untuk hidup hemat.  Cara-cara ini kami kutip dari berbagai majalah finansial, seperti Business Today dan Telegraph.Semoga metode ini bisa berguna bagi anda.

1.      BUAT RENCANA PENGELUARAN BULANAN
Langkah pertama untuk hidup hemat adalah dengan membuat rencana pengeluaran bulanan.  Tulislah secara detail biaya-biaya yang anda keluarkan setiap bulannya, mulai dari biaya tetap yang wajib dibayarkan (sewa rumah, uang kuliah, transportasi, dan sebagainya) hingga biaya-biaya kecil dan tidak terduga.  Usahakan untuk secara detail memperkirakan uang yang harus anda keluarkan, contohnya untuk peralatan mandi, bumbu-bumbu masak, alat-alat kebersihan, dan lain-lain.  Buat anggaran maksimal untuk tiap-tiap kategori pengeluaran, dan berusahalah semaksimal mungkin untuk tidak melebihi anggaran yang dibuat.  Jika anda bisa mengeluarkan uang lebih sedikit dari yang dianggarkan, maka hal ini akan jauh lebih bagus.
2.      GUNAKAN JASA PRABAYAR UNTUK TELEPON SELULER DAN KONEKSI INTERNET
Jika anda ingin menabung dan mengembangkan pola hidup hemat, hindari menggunakan kartu pascabayar untuk telepon genggam anda, ataupun koneksi internet yang perhitungan pemakaiannya dihitung belakangan.  Hal ini sangat berguna untuk mencegah pulsa yang meledak karena penggunaan yang berlebih dan membuat anda harus mengeluarkan uang ekstra.
Buat juga anggaran yang ketat untuk uang pulsa.  Biaya ini walaupun kecil namun sangat sering berakhir melebihi anggaran yang ditetapkan.  Cobalah untuk mengurangi SMS atau telepon, di mana anda bisa menggunakan jasa-jasa pengiriman pesan gratis seperti WhatsApp atau YM.

3.      BERBELANJA ONLINE
Berbelanja online sangat membantu anda menyimpan uang, dengan catatan toko online yang anda pilih memiliki jasa untuk mengantar barang hingga ke rumah anda.  Walaupun mungkin sedikit lebih mahal, namun berbelanja online bisa membuat anda menghemat waktu, tenaga, dan anda juga tidak tergoda untuk memilih barang-barang lain selama berbelanja.
Yang  terpenting, pastikan anda membaca dengan baik persyaratan dan persetujuan toko online tersebut.  Adakah ongkos tambahan?  Adakah biaya pengiriman?  Berapa biaya ekstra yang diminta untuk transaksi dengan kartu kredit?  Adakah diskon dan promosi untuk produk yang akan anda beli?  Pastikan semua hal ini anda cermati dengan baik.




4.      JIKA PERGI KE TOKO SELALU BAWA DAFTAR BELANJA
Jika anda berniat pergi ke toko dan mengeluarkan uang dalam jumlah yang besar, cobalah untuk selalu membuat daftar belanjaan dan membawanya ketika anda berbelanja.  Akan lebih baik jika daftar belanja tersebut dilengkapi dengan budget atau jumlah uang maksimal yang harus dikeluarkan untuk membeli suatu barang.
Daftar belanjaan bisa membantu diri anda untuk tidak membeli sesuatu yang tak diperlukan.  Selain itu, daftar ini juga membuat anda lebih efisien dan menghemat lebih banyak waktu, apalagi jika anda harus melakukan belanja bulanan.

5.      CARI HIBURAN MURAH
Hiburan adalah sesuatu yang penting, namun anda harus berhati-hati karena sektor ini yang paling bisa menghambat anda untuk bisa hidup hemat.  Cobalah untuk mencari hiburan murah yang tetap asyik dan bisa anda nikmati bersama teman-teman anda.  Contohnya, anda bisa memilih untuk membeli DVD  dan menontonnya di rumah daripada pergi ke bioskop.  Atau anda juga bisa mengadakan pesta di rumah sebagai pengganti pesta di restoran, klub, atau bar.
Satu hal yang harus diingat, anda memang harus hidup hemat, namun jangan mengekang diri anda terlalu ekstrim.  Sekali-kali, anda boleh memanjakan diri anda dengan hiburan mewah, jika memang pengeluaran anda di akhir bulan masih belum melebihi anggaran yang ditentukan.

6.      MEMASAK
Walaupun terkesan remeh, memasak sangat membantu anda dalam berhemat.  Secara logika, kita pasti sudah bisa memperkirakan bahwa bahan-bahan masakan jauh lebih murah daripada membeli makanan jadi di restoran.  Tentu saja, untuk memasak anda harus meluangkan waktu dan tenaga ekstra.  Namun melihat nilai gizi yang lebih baik dan jumlah uang yang bisa dihemat, rasanya metode ini perlu untuk dicoba.
Jika anda tidak mempunyai banyak waktu, belajarlah untuk membuat makanan-makanan yang praktis dan mudah dimasak.  Contohnya bisa dilihat di resep praktis sarapan pagi yang pernah kami tulis beberapa waktu yang lalu.  Satu lagi, hindari makanan instan setiap kali memasak, demi kesehatan anda sendiri.

7.      USAHAKAN UNTUK TIDAK BERHUTANG
Prinsip ini perlu ditanamkan baik-baik, terutama jika anda ingin menabung dan menyimpan banyak uang di masa depan.  Sebisa mungkin, jangan berhutang kecuali hal itu benar-benar bisa mempengaruhi kelangsungan hidup anda.  Hidup sederhana tanpa hutang jauh lebih baik daripada bermewah-mewahan tapi memiliki hutang yang menumpuk.
Jika anda terpaksa berhutang, catat hutang-hutang tersebut dengan teliti, lengkap dengan tanggal di mana anda harus membayarnya.  Cobalah sisihkan pengeluaran harian, mingguan, atau bulanan untuk membayar hutang-hutang tersebut secepatnya.  Semakin cepat anda melunasi hutang, semakin baik bagi kesehatan finansial anda.




8.      BELI STOK MAKANAN DALAM JANGKA PANJANG
Hindari membeli bahan makanan secara eceran, karena perbedaan harganya bisa cukup besar.  Ketika anda mendapat uang gajian, langsung belanjakan (tentu saja sesuai anggaran) untuk membeli bahan-bahan pokok seperti beras, teh, gula, tepung, sayur-sayuran, minyak, dan bahan-bahan lain sejenis.  Berbelanjalah juga di toko grosir yang menjuual dengan harga paling murah.
Metode ini walau terkesan merepotkan, namun sebenarnya cukup efektif karena nantinya anda tidak perlu bolak-balik ke warung untuk membeli bahan-bahan di atas.  Selain itu, jumlah uang yang bisa ditabung pun juga jauh lebih banyak.

9.      BERSEPEDA, JALAN KAKI, ATAU GUNAKAN TRANSPORTASI UMUM
Tak bisa disangkal, jika anda memiliki kendaraan pribadi seperti mobil atau motor, anda harus mengeluarkan biaya ekstra untuk bensin dan perawatan.  Mengingat harga bahan bakar minyak yang sangat tinggi, cobalah untuk menghindari semaksimal mungkin penggunaan transportasi pribadi, di luar keperluan harian rutin anda semisal saat bekerja atau bersekolah.
Bahkan jika mungkin, tentukanlah satu atau dua hari dalam seminggu di mana anda berangkat kerja dengan transportasi umum, sepeda, atau berjalan kaki.  Selain lebih hemat dan sehat, anda pun jadi memiliki peran dalam mengurangi polusi serta kemacetan.

10.  DISIPLIN
Poin terpenting dalam cara hidup hemat adalah kedisiplinan.  Seberapa bagus pun rencana anggaran yang sudah dibuat, apabila tidak ditunjang oleh kedisiplinan maka usaha yang anda lakukan akan sia-sia.  Kedisiplinan ini menyangkut kemampuan untuk mengontrol diri sendiri untuk menabung, untuk tidak membeli barang-barang yang tidak diperlukan, untuk tidak terlalu banyak jajan dan main, serta masih banyak lagi.
Carilah motivasi tertentu yang bisa membuat anda tetap disiplin.  Walaupun pada awalnya terdengar sulit, namun jika sudah terbiasa, maka sikap disiplin untuk mengembangkan pola hidup hemat akan menjadi bagian dari diri anda.
7 Miliarder Ini Punya Cara Hidup Hemat

Ada banyak miliarder di dunia ini. Tapi, kamu bisa jadi kaget ketika tahu hidup sebagian miliarder ini tidak glamour dan tidak boros. Kenyataannya, kebanyakan dari mereka meraih kesuksesan dengan cara berhemat. Berikut beberapa saran dari tujuh miliarder yang bisa kamu ikuti:
1. Michael Bloomberg, kekayaan bersih US$ 34,3 miliar
Bloomberg dikenal sebagai salah satu walikota kontroversial New York City dan pemegang saham terbesar dari Bloomberg L.P., perusahaan informasi finansial skala internasional. Namun, tidak banyak orang tahu 10 tahun lalu Bloomberg hanya punya 2 pasang sepatu kerja.
Keduanya berwarna hitam dan sangat nyaman dipakai. Karena berfungsi baik, Bloomberg memutuskan untuk hanya punya 2 pasang sepatu dan tidak membeli banyak sepatu yang belum tentu dipakai sesering mungkin.
2. Bill Gates, kekayaan bersih US$ 79 miliar
Belajar dari kesalahan masa lalu. Melakukan kesalahan finansial biasa terjadi pada hidup kita. Ya, kita semua melakukannya, tetapi ada orang-orang yang mencapai kesuksesan dengan cara belajar dari pengalaman orang-orang yang pernah salah mengatur keuangan.
Hal ini dilakukan Bill Gates. Katanya, “Tidak salah bila kamu merayakan kesuksesan, tapi lebih penting belajar dari kegagalan.”
3. Ingvar Kamprad, kekayaan bersih US$ 53 miliar
Hindari pengeluaran yang tidak perlu. Ingvar Kamprad, pendiri IKEA, percaya bahwa ada beberapa dana belanja yang tidak perlu dikeluarkan meski kamu berkelimpahan uang. Seperti banyak orang kaya lainnya, Kamprad lebih suka duduk di kelas ekonomi di pesawat ketimbang naik jet pribadi.
Dalam memoarnya, Kamprad menulis “kita tidak perlu mobil mentereng, merek terkenal, seragam, atau simbol status lainnya. Kita mengandalkan kekuatan dan kehendak diri sendiri!”
4. Warren Buffet, kekayaan bersih US$ 66,1 miliar
Belilah rumah sesuai kebutuhanmu. Warren Buffet ialah contoh klasik dari petuah ini. Dia tinggal di sebuah rumah di Omaha, Nebraska, yang dibelinya pada 1958 senilai US$ 31.500. Meski punya miliaran dolar, Buffet tidak menemukan alasan yang tepat untuk tinggal di rumah lebih besar. Sebaliknya, dia nyaman tinggal di rumahnya yang  sederhana dengan lima kamar tidur di Omaha itu.
5. Mark Zuckerberg, kekayaan bersih US$ 30 miliar
Pendiri Facebook ini hidup hemat di banyak lini kehidupannya. Salah satunya, dia menggunakan sedan entry-level Acura seharga US$ 30.000. Kendaraan sederhana dan praktis ini dipilihnya ketimbang mobil mahal yang bisa saja dibelinya.
6. Howard Schultz, kekayaan bersih US$ 2,2 miliar
Sadari bahwa uang bukanlah segalanya. Howard Schultz, CEO Starbucks, bilang bahwa nilai seseorang jauh lebih penting ketimbang kekayaan orang itu. “Saya tidak pernah ingin masuk ke daftar miliarder. Saya tidak pernah mendefinisikan diri saya dari harta. Saya selalu mencoba untuk mendefinisikan diri saya dari value.”
7. Jim Walton, kekayaan bersih US$ 34,7 miliar
Kamu tidak harus selalu mengenakan barang keluaran terbaru dan paling keren. Walton, putra termuda dari pendiri Walmart yakni Sam Walton, hidup sederhana seperti ayahnya ajarkan. Meski punya banyak uang, Walton masih mengendarai truk pick-up yang berusia lebih dari 15 tahun.

















SATUAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
MAN KABANJAHE

A.    Bahasan/TopikPermasalahan : Meningkatkan Percaya Diri
B.     BidangBimbingan                            : Pribadi
C.     Jenis Layanan                                   : Layanan informasi
D.    Fungsi Layanan                                 : Pemahaman
E.     Tujuan Layanan                       Siswa dapat memperoleh pemahaman tentang cara-cara menjadi pribadi yang percaya diri
F.      Sasaran                                             : Siswa kelas X
G.    Rencana Kegiatan                             :
1.  Ice breaking                                   : mendongeng
2. Menjelaskan tentang pengertian percaya diri dan faktor-faktor yang dapat
meningkatkan dan mengurangi percaya diri
3.      Tanya jawab
4.      Kesimpulan
H.    Metode Pendekatan                          : Ceramah, diskusi, tanya jawab
I.       TempatPenyelenggaraan                              : Ruang kelas X
J.       AlokasiWaktu                                              : 1 x 45 menit
K.    Waktu                                                           : 11.00 – 11.45
Hari/Tanggal                                 : Rabu, 04 November 2015
Semester                                  : Genap
L.     Materi                                               : Terlampir
M.   Penyelenggaraan Layanan              : Guru BK
N.    Pihak Yang Disertakan                   : Wali Kelas
O.    Alat dan Perlengkapan                    : Materi, Papantulis, Spidol, penghapus
P.    Rencana penilaian dan tindak lanjut :
1.  Proses                                               : Mengamati siswa dalam mengikuti layanan
2. Hasil                                                  : Laiseg (penilaian segera)
3. Rencana tindak lanjut                       :         -
4. Keterkaitan                                       :         -



Q.    Catatan Khusus                                 :           -


Medan, 04 November 2015



Mengetahui,
Kepala MAN Kabanjahe




WAHYUDI ANWAR

Pemberi Layanan/Guru Pembimbing




GISABELA PEHULISA BR.P.A
                                                                       
           










MATERI LAYANAN INFORMASI
PERCAYA DIRI
Percaya Diri akan membuat kita bebas untuk melakukan kesalahan dan mengalami kegagalan namun tanpa membuat diri kita menjadi tidak berharga. Jika kita memiliki rasa percaya diri, maka secara tidak langsung kita juga dapat meningkatkan rasa percaya diri kepada orang lain juga.
Faktanya Banyak sekali orang yang kurang percaya diri,  padahal sebenarnya dia mampu untuk melakukan hal itu. Percaya diri adalah perasaan yang mendekatkan kita dengan keberhasilan. Jika merasa bermasalah dengan rasa percaya diri,  maka berusahalah terus mencari cara untuk mengatasi rasa kurang percaya diri  atau menumbuhkan rasa percaya diri Selain itu, banyak orang yang masih segan untuk mengembalikan sesuatu hal yang dilemparkan oleh seseorang yang gugup, terlalu meraba-raba dan menyesali yang telah diperbuat. Di lain pihak, Anda mungkin dengan cepat terpengaruhi oleh seseorang yang berbicara dengan jelas, yang lebih mengutamakan pikiran yang jernih, yang menjawab pertanyaan dengan pasti, dan selalu siap dan tidak malu mengakui jika dia tidak mengetahui tentang suatu hal.
Lalu berapa tingkat rasa Kepercayaan Diri anda,  jika bisa dinilai dengan skor1-10?,  Apakah Anda termasuk orang yang memiliki kepercayaan Diri yang rendah?Jangan terlalu terkungkung denga perasaan kurang PD tersebut, karena ada berita bagus untuk anda, ternyata rasa Percaya Diri dapat ditelaah dan dibangun. Mari kita memulai proses untuk membangun rasa Percaya Diri itu. Namun Mohon diingat, bahwa tidak ada solusi instant untuk itu. Seperti kata pepatah; Practice make a man perfect. Jadi yang perlu kita lakukan untuk meningkatkan Percaya diri adalah mencoba, dan mengimplementasikan tips berikut dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut Tips Cara Agar percaya diri
1.      Kenali rasa ketidaknyamanan Anda
Kita semua pasti memiliki sesuatu rasa ketidaknyamanan pada diri kita. Misalnya karena jerawat di muka anda, Anda menjadi selalu menyesali diri, dan selalu merasa tak nyaman dengan teman-teman anda. Memberikan nama pada sesuatu hal yang bisa membuat anda merasa tidak berharga, malu atau rendah dapat membantu melawan hal-hal tersebut. Anda bisa menuliskan pikiran anda pada sehelai kertas,  dan ini dapat membuat perasaan Anda lebih ringan dan bahagia. Ingat tidak ada seorang pun yang sempurna. Orang-orang disebelah Anda mungkin juga memiliki banyak rasa ketidaknyamanan yang sama dengan anda. Jika dengan menuliskan masalah anda tidak cukup membantu, anda bisa membicarakannya dengan teman dekat anda atau seseorang yang anda cintai. Berbagai, atau istilahnya curhat akan menolong meringankan beban yang sedang anda tanggung sendiri.
2.      Kenali kesuksesan anda
Tidak menjadi soal seberapa besar perasaan ketidaknyamanan yang anda rasakan. Tuhan telah memberkahi diantara kita semua dengan suatu bakat-bakat tertentu. Temukan sesuatu hal yang Anda rasa Anda ahli dan jago di bidang tersebut, kemudian fokuslah untuk mengembangkannya. Rendah diri adalah pernyataan pikiran yang mendeklarasikan diri anda sebagai Korban. Jangan biarkan diri anda menjadi Korban.
3.      Bersyukurlah atas apa yang anda miliki
Waktu telah membuktikan bahwa akar dari perasaan ketidaknyamanan atau tidak percaya diri adalah perasaan yang selalu merasa kurang atas kepemilikan sesuatu, apakah itu pengakuan emosional, keberuntungan, uang, dll. Dengan mengakui dan menghargai apa yang kita dapat, maka kita akan dapat melawan perasaan yang tidak utuh dan tidak puas. Menemukan kedamaian dalam diri akan membangkitkan percaya diri anda.
4.      Selalu berpikiran postif
Hindari mendapatkan rasa kasihan dan simpati dari orang lain, apalagi mengharapkan itu. Jangan pernah membuat orang lain memiliki pandangan atau rasa yang rendah terhadap anda, dan mereka bisa merasa seperti itu terhadap diri Anda hanya jika dengan ijin Anda. Jika anda terus menerus benci dan merendahkan diri anda sendiri, maka orang akan melakukan dan menilai Anda seperti itu. Anda harus berbicara positif tentang diri Anda, tentang masa depan anda, dan tentang kemajuan anda. Jangan pernah takut menunjukkan kekuatan dan kualitas anda kepada orang lain.
5.      Berpakaian rapi
Walaupun pakaian tidak serta merta akan membuat orang menjadi lebih berkualitas, tapi berpakaian yang rapi dapat mempengaruhi cara berpikir kita terhadap diri kita sendiri. Ketika kita tidak terlihat bagus, maka perasaan anda juga tidak akan merasa bagus. Dan pakaian yang rapi dapat merubah cara Anda membawa diri sendiri dan mudah berinteraksi dengan orang lain. Ini bukan berarti anda harus menyediakan uang yang banyak untuk belanja baju. Daripada membeli banyak pakaian namun semuanya murah, lebih baik membeli beberapa baju saja namun dengan kualitas tinggi. Namun banyak untungya juga, sebab baju yang lebih bagus dan sedikit lebih mahal tentu lebih kuat dibandingkan baju yang jelek dengan harga yang murah.
6.      Berjalan dengan cepat
Gaya berjalan sangat banyak memberikan arti tentang kepribadian Anda. Apakah suka berjalan lambat?, seperti sedang kelelahan?menyakitkan? atau enerjik?.Orang dengan rasa percaya diri yang bagus akan berjalan lebih cepat. Mereka memiliki tempat yang harus dituju, orang yang harus ditemui, pekerjaan penting yang harus dilakukan. Anda dapat meningkatkan kecepatan langkah jalan anda. Berjalan 25% lebih cepat dari sebelumnya akan dapat membuat anda terlihat dan merasa lebih penting.
7.      Berikan pujian kepada orang lain
Ketika berpikir negatif tentang diri kita, kadang kita juga melakukan hal yang sama pada orang lain dalam bentuk hinaan dan gosip. Hindari hobi ngegosip,  karena  ini dapat menusuk diri Anda sendiri, da mulailah untuk berusaha memberikan pujian pada orang-orang yang ada disekitar anda. Dalam prosesnya, Anda akan menjadi orang yang disukai,  dan selanjutnya mudah untuk dapat membangun rasa percaya diri. Dengan melihat sisi yang terbaik dari orang lain, maka secara tidak langsung akan membawa hal yang terbaik pada diri sendiri.
8.      Duduk di bangku paling depan
Orang-orang Aliran belakang mungkin dapat bersenang-senang di sekolah atau di kuliah pada saat duduk di belakang, tapi itu tidak akan memberikan dorongan untuk membangun rasa percaya diri. Jangan pernah takut untuk diperhatikan. Dengan memutuskan untuk duduk di baris depan,anda dapat menghilangkan ketakutan yang tak beralasan karena diperhatikan dan dapat membangun kepercayaan diri anda.

9.      Berbicaralah dan Tersenyumlah
Penelitian membuktikan banyak orang takut berbicara atau bertanya pada grup diskusi atau acara umum. Mereka takut akan dinilai orang lain karena berbicara sesuatu yang konyol. Padahal, orang kebanyakan lebih menerima daripada yang kita bayangkan. Kenyataannya kebanyakan orang memiliki ketakutan yang sama persis. Dengan berusaha berbicara setidaknya sekali di setiap diskusi kelompok, anda akan menjadi pembicara yang bagus, lebih percaya diri tentang pikiran anda, dan akan dikenali sebagai leader oleh rekan-rekan anda. Selain itu,jangan lupa juga untuk selalu tersenyum, coba untuk tersenyum sesering mungkin. Orang selalu menyenangi wajah yang penuh senyum. Orang akan selalu welcome jika kontak dengan anda. Wajah yang selalu tersenyum akan selalu menerima kehangatan dan rasa sayang. Penerimaan yang baik dari orang lain akan meningkatkan rasa percaya diri kita.
10.  Berolahraga
Pikiran yang sehat muncul dari badan/ fisik yang sehat pula. Jika anda dalam kondisi fit, anda akan memiliki energi positif. Jika anda tidak fit, anda akan merasa tidak menarik. Ini akan menyebabkan kemerosotan akhlak. Sedikit disiplin dalam hidup anda dapat membantu banyak dalam pencapaian rasa percaya diri anda yang lebih tinggi.

10    cara Instan Meningkatkan Rasa Percaya Diri
1.      Tersenyum
Tersenyum merupakan tips 1 detik jika anda merasa gugup dan tidak percaya diri. Anda tidak hanya tersenyum jika anda merasa senang dan percaya diri, sebaliknya anda bisa tersenyum untuk membuat diri anda merasa lebih baik. Tersenyum berhubungan erat dengan perasaan positif sehingga hampir tidak mungkin anda merasa tidak enak ketika anda tersenyum.
Tersenyum lebih dari sekedar menunjukkan ekspresi pada wajah anda. Tersenyum melepaskan hormon endorphin yang membuat anda merasa lebih baik, meningkatkan sirkulasi darah di wajah anda, membuat anda merasa nyaman dengan diri anda sendiri dan tentunya dapat meningkatkan rasa percaya diri anda. Anda juga akan tampak lebih percaya diri di hadapan orang lain ketika anda tersenyum.
2.      Tatap Mata Lawan Bicara Anda
Sama halnya dengan tersenyum, tataplah mata semua orang di dalam ruangan. Berikan senyum anda dan dapat dipastikan mereka akan membalas senyuman anda; dan senyum yang diberikan orang lain dapat meningkatkan rasa percaya diri anda dengan cepat. Sama halnya dengan tersenyum, kontak mata menunjukkan bahwa anda percaya diri. Menatap sepatu anda atau meja mendorong perasaan anda menjadi ragu-ragu dan malu. Tips ini sangat berguna untuk situasi kerja; buatlah kontak mata dengan orang yang mewawancarai anda, atau orang-orang yang menghadiri presentasi anda.
“Kontak mata membantu anda untuk menghilangkan rasa takut jika anda sedang berbicara di depan umum dan semakin mendekatkan anda dengan lawan bicara anda. Stress merupakan perasaan yang datang dari sesuatu yang asing dan tidak dapat dikendalikan. Kontak mata memberikan pembicara gambaran dari kenyataan yang tidak lain adalah lawan bicara itu sendiri. Kontak mata juga membantu menarik minat lawan bicara anda.” (Confident Eye Contact, Unlimited Confidence)
3.      Ubahlah Suara Dalam Diri Anda
Kebanyakan dari kita memiliki suara dalam diri yang mengatakan bahwa kita bodoh, tidak cukup mampu, terlalu gendut, kurus, berisik, pendiam, dll. Kemampuan merubah suara di dalam diri anda merupakan kunci untuk memperoleh kepercayaan diri dari dalam. Buat suara dalam diri anda menjadi teman pendukung yang paling mengenal anda dan mengetahui bakat anda, serta menginginkan anda untuk mencapai yang terbaik.
4.      Lupakan Standar Yang Ditetapkan Orang Lain
Terlepas dari situasi yang membuat anda mengalami krisis percaya diri, anda bisa membantu diri anda sendiri dengan berpegang pada standar yang anda miliki. Orang lain memiliki nilai yang berbeda dengan anda, dan sekeras apa pun anda mencoba, anda tidak pernah bisa memuaskan semua orang setiap saat. Jangan khawatir jika orang-orang menyebut anda gendut, kurus, pemalas, membosankan, pelit, konyol, dll.. Bertahanlah pada standar yang anda miliki, bukan pada standar yang dimiliki orang lain. Ingatlah nilai-nilai dan standar-standar yang dimiliki umumnya berbeda dalam masyarakat; anda tidak harus menerima nilai dan standar tersebut hanya karena orang-orang di sekitar anda menerimanya.
5.      Tampillah Serapih Mungkin
Meskipun anda hanya memiliki sedikit waktu, pergilah ke kamar mandi untuk memastikan anda tampil rapih. Sisirlah rambut anda, cucilah muka anda, perbaiki riasan wajah anda, luruskan kerah anda, pastikan tidak ada sisa makanan pada gigi anda. Semua hal ini dapat membuat perbedaan antara rasa percaya diri terhadap penampilan anda dan rasa takut anda terhadap penampilan anda.
”Sempurnakan penampilan fisik anda; sudah merupakan fakta bahwa penampilan seseorang memainkan peranan penting dalam membangun rasa percaya diri. Meskipun kita tahu apa yang kita miliki dalam diri kitalah yang penting, penampilan fisik anda menentukan impresi orang terhadap diri anda.” (Building Blocks to Self-Confidence, Complete Wellbeing)
6.      Berdoalah Atau Bermeditasi Sejenak
Jika anda percaya pada Yang Maha Kuasa, mengucapkan doa bisa meningkatkan rasa percaya diri anda (anda juga bisa melakukan meditasi selain berdoa). Langkah ini membantu anda untuk mundur sesaat dari situasi yang serba cepat dan mencari bantuan dari Yang Maha Kuasa. Berikut adalah sebuah contoh doa, namun anda bisa menulis hal serupa yang sesuai dengan agama atau kepercayaan anda:
“Ya Tuhan, terima kasih karena Kau telah mencintai dan menerimaku apa adanya.. bantulah aku untuk melakukan hal yang sama.. dan bantulah aku untuk tumbuh menjadi sesuai dengan kehendakMu sehingga rasa percaya diriku akan bertambah; semuanya demi keagungan namaMu dan bukan namaku. Terima kasih karena Engkau telah mendengarkan dan menjawab doaku. Amin.” (Daily Encounter, Strengthen Your Self-Confidence, Acts International).
7.      Reka Ulang
Jika sesuatu terjadi diluar dugaan anda, hal ini cukup mudah menggoyahkan rasa percaya diri anda. Mungkin anda menumpahkan minuman anda, terlambat hadir di sebuah pertemuan penting karena macet, atau seseorang yang ingin anda ajak bicara memberikan tanggapan dingin. Cobalah untuk “mereka ulang” situasi tersebut dan tempatkan pada situasi yang lebih positif. Seringkali suatu kejadian menjadi negatif karena persepsi kita sendiri.
8.      Tentukan Langkah Anda Selanjutnya
Jika anda tidak yakin dengan apa yang harus anda lakukan, temukan satu langkah sederhana yang bisa membantu anda untuk terus maju. Hal ini mungkin saja bisa dilakukan dengan melakukan kontak mata pada sebuah pesta, memperkenalkan diri anda pada orang asing, memecahkan kebekuan dalam sebuah rapat, atau menanyakan orang yang mewawancarai anda untuk menunjukkan pengetahuan anda terhadap industri dan perusahaan mereka.
Mulailah bertindak meskipun anda tidak memiliki gambaran yang jelas mengenai apa yang seharusnya anda lakukan. Bergeraklah menuju sasaran anda. Koreksi diri anda di lain kesempatan.
9.      Bicaralah Perlahan
Sebuah tips sederhana agar anda terlihat atau menjadi lebih percaya diri adalah dengan bicara perlahan. Jika anda bicara terlalu cepat, anda akan merasa tidak enak karena anda sadar anda bicara terlalu cepat. Bicara perlahan memberi anda kesempatan untuk memikirkan apa yang anda akan katakan selanjutnya. Jika anda sedang berbicara atau melakukan presentasi, berhentilah sesaat pada akhir sebuah frase atau kalimat untuk membantu orang lain mencerna apa yang anda katakan.
Berbicara perlahan menunjukkan kepercayaan diri seseorang. Seseorang yang merasa tidak layak didengarkan akan berbicara dengan cepat, karena ia tidak mau membuat orang lain menunggu hal-hal yang tidak layak didengarkan.
10.  Ikut Ambil Bagian
Pernahkah anda duduk seharian di dalam kelas atau di sebuah rapat tanpa mengucapkan satu patah kata pun? Pernahkah anda pergi bersama teman-teman anda di malam hari dimana teman-teman anda berbincang dengan gembira sementara anda hanya duduk dan menatap minuman anda? Kemungkinan yang terjadi adalah anda merasa tidak terlalu percaya diri pada saat itu – dan mungkin saja anda akan merasa lebih tidak enak sesudah malam tersebut. Apapun situasi anda, berusahalah untuk ikut ambil bagian. Meskipun anda merasa tidak banyak yang bisa anda katakan, pikiran dan perspektif anda sangat berharga bagi orang-orang di sekitar anda.
Dengan mencoba untuk berbicara setidaknya satu kali dalam setiap diskusi kelompok, anda akan menjadi pembicara yang lebih baik, lebih percaya diri mengutarakan pikiran anda, dan dikenal sebagai seorang pemimpin oleh rekan-rekan anda.



















SATUAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

Sub tugas perkembangan                    : Siswa memahami bakat dan minat dalam dirinya untuk menentukan karir yang ingin dicapai
Sekolah                                               : MAN KABANJAHE
Kelas/semester                                    : XI / 1
Tahun                                                  : 2016-2017

A.    Topik Permasalahan                    : Menyesuaikan bakat serta minat dalam pemilihan karir di
  masa depan
B.    Bidang Bimbingan                      : Karir
C.   Jenis Layanan                               : Penempatan dan Penyaluran
D.   Fungsi Layanan                            : Pemeliharaan
E.    Kompetensi yang ingin dicapai   :
Ø  Agar siswa mampu memahami bakat yang ada didirinya
Ø  Agar siswa dapat menentukan karir dimasa depan
Ø  Agar siswa mampu mengembangkan potensi yang ada dalam diri
F.    Uraian Kegiatan
1.    Strategi Penyajian                                    : klasikal, Tanya jawab, diskusi, ceramah
2.    Materi                                                       :
·         Mengenali bakat dalam diri
·         Menentukan pilihan karir sesuai bakat dan minat
·         Cara mengembangkan potensi diri
G.   Tempat Penyelenggaraan                         : Ruang kelas
H.   Alokasi Waktu                                         : 1x45 menit
I.      Pihak yang disertakan                            : Sejumlah siswa kelas XI
J.    Alat dan Perlengkapan                             : Spidol, papan tulis, modul psikologi
K.    Rencana Penilaian                                   : Lajapen
L.    Rencana tindak lanjut                              : Melakukan bimbingan yang intensif dengan
  siswa
M.   Catatan khusus                                        : . . . . . . . . . . . . . . . . . . .



Kabanjahe, 04 – 11- 2015
Mengetahui
Kepala MAN KABANJAHE                                                             Guru Pembimbing



WAHYUDI ANWAR                                                     GISABELA PEHULISA BR.P.A











MATERI LAYANAN PENEMPATAN DAN PENYALURAN

Bakat adalah sebuah talenta dari Tuhan yang diberikan kepada kita untuk mengembangkan diri seperti yang sudah saya sedikit jelaskan di depan. Bakat itu sendiri berupa pola pikir, kepandaian atau kemampuan yang kita miliki sejak lahir. Walaupun kita memiliki talenta, jika kita tidak berusaha untuk membukanya maka talenta yang diberikan Tuhan akan menjadi sia-sia. Jadi Usaha dan Talenta adalah Jalan untuk sukses bagi seseorang didalam kehidupannya.
Sudahkah teman mengetahui bakat yang dimiliki? Namun jika belum tahu apa bakat yang dimiliki, belum terlambat untuk mengetahuinya alias mumpung masih muda. Teman  hanya butuh empat kunci berikut untuk mengeluarkan potesi Anda yang sesungguhnya.
1.      Keahlian
Pernahkah teman mempelajari sesuatu yang benar-benar baru dan ternyata teman dapat menguasainya dengan mudah? Atau mengerjakan sesuatu lebih cepat dari rekan lain? Bisa jadi, itulah bakat yang sedang memanggil, menunggu teman melepaskan dan mengembangkannya.
Misalkan, jika teman dengan mudah bisa menyelesaikan sebuah perhitungan saat orang lain menyumpahi kalkulator, itu artinya bakat teman sebagai seorang akuntan atau banker sedang berusaha muncul dan menyapa teman. Nah, pikirkanlah hal-hal yang begitu mudah bagi teman tetapi tidak bagi teman-teman yang lain. Kemudian, perhatikan bakat apa yang tengah bekerja pada diri teman.
2.      Ketertarikan
Cara lain menemukan bakat adalah dengan memikirkan hal-hal yang begitu teman inginkan. Seringkali hal-hal yang menarik perhatian selalu berkaitan dengan kemampuan alami atau bakat. lni merupakan suatu pola konsisten dalam hidup dan bukan sekadar cara menghabiskan waktu alias hobi semata.
Nah, coba pikirkan apa yang paling teman ingin lakukan seharian? Menonton film? Melatih hewan? Menata barang? Memainkan alat musik? Atau membaca buku? Sesuatu itu tidak harus yang menjadi ambisi teman, meski ambisi merupakan petunjuk kuat adanya bakat yang tengah bekerja.
Jika teman seorang pembaca yang tekun atau rajin menulis di blog, bisa jadi bakat tersembunyi teman adalah menulis. Atau bisa saja ketertarikan pada buku membawa teman –teman  pada karier kepustakaan, penerbitan, dan lain-lain.
3.      Kepuasan
Apa yang membuat teman –teman merasakan kebahagiaan dan kepuasan dalam bekerja? Pekerjaan apa yang membuat teman –teman begitu hanyut dan merasa tak ingin berhenti saat mengerjakannya? Bagi para atlet, perasaan hanyut sering terjadi ketika mereka berolahraga. Sementara bagi para ahli komputer, perasaan hanyut terjadi ketika mereka menghadapi piranti lunak.
Dalam keadaan hanyut, kita memang menjadi sangat terfokus pada kesempatan untuk menggunakan bakat. Alhasil, pola gelombang otak kita saat itu begitu mirip dengan pola gelombang otak ketika kita tertidur lelap. Nah, sekarang apa yang membuat teman –teman terhanyut? Jika teman –teman belum juga menemukan, pikirkan suatu kegiatan yang membuat Anda terlibat sepenuhnya. Mungkin bakat teman –teman ada di sana.
4.      Kebiasaan
Pernahkah teman –teman dipuji karena kemampuan atau sikap Anda? Misalnya, orang menilai teman –teman sebagai karyawan yang sangat teratur atau ide pemasaran teman –teman hebat, atau teman –teman pendengar yang baik, dan lain sebagainya. Lewat komentar orang-orang di sekitar, teman –teman juga bisa mengetahui kemampuan alami teman –teman.
Ketrampilan alami memang bisa muncul dalam berbagai cara. Namun, kadang kita menganggapnya biasa saja karena ketrampilan itu sudah sangat melekat sehingga hampir tak disadari kehadirannya.
Lalu, bagaimana mengenali bakat itu? Coba cermati apa yang membuat orang tertarik pada teman –teman, mengenali Anda atau terfokus pada Anda? Apakah teman –teman menjadi tempat curahan hati teman-teman yang lain? Atau mereka selalu meminta pendapat teman –teman soal pakaian? Nah, di sanalah bakat teman –teman tersimpan. teman –teman hanya perlu mencari kesempatan untuk mengembangkannya.
Inilah beberapa cara untuk meningkatkan potensi diri :
1.      Tetap fokus terhadap potensi – bukan terhadap keterbatasan diri. ketika kita merasa kecil hati karena mungkin diri ini tidak semenarik atau sepintar orang lain. Barangkali tidak ada kebiasaan yang lebih menggerogoti rasa percaya diri daripada kebiasaan untuk melirik orang-orang lain di sekitar kita dan membandingkan diri kita dengan mereka. Dan bila kita melihat ternyata orang lain itu memang lebih menarik atau lebih pintar maka perasaan berharga akan diri sendiri pun mulai luntur.  Maka jawabannya jadilah dirimu sepenuhnya!
2.      Tetap fokus terhadap hal-hal yang bisa kita kerjakan dengan baik. yang menentukan keberhasilan itu biasanya bukanlah bakat mentah, tapi niat dan ketekunan.
3.      Tanamkan di benak kita bahwa diri kita sebagai orang yang berhasil, jika kita bisa menggambarkan hal-hal yang bermanfaat, maka dengan suatu cara tertentu maka hal-hal tersebut pasti akan terlaksana.
4.      Lepaskan diri kita dari tumpuan harapan orang lain.Usaha kita untuk menolak penyesuaian diri dan mengembangkan beberapa ciri atau keanehan kecil tertentu adalah suatu langkah menuju kemerdekaan dan rasa percaya diri.
5.      Membina hubungan dengan relasi atau persahabatan yang mendukung.dengan berusaha di mana pun dan kapan pun untuk membangun suatu jaringan persahabatan yang menopang dan memperkaya hidup. Adapun seandainya ada sahabat atau bahkan keluarga mungkin yang dalam hubungannya dengan kita barangkali kurang harmonis kita jangan dipusingkan dengan masalah itu yang terpenting sebisa mungkin usahakan tetap membina hubungan baik.























SATUAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
MAN KABANJAHE

A.                                        A. Bahasan/TopikPermasalahan                   : Pentingnya norma tata karma dalam  bergaul baik di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat.
B.  BidangBimbingan                               : Sosial
C.  JenisLayanan                                       : Penguasaan konten
D.  FungsiLayanan                                    : Pemahaman dan pengembangan
E.                                           E.  TujuanLayanan                                                :
1.  Siswa dapat memahami tentang pentingnya tata krama dalam bergaul
2.  Siswa melaksanakan norma tata krama dalam bergaul di lingkungan sekitar
F.   Sasaran                                                : SiswaKelas X
G.  Rencana Kegiatan                               :
1. Ice breaking                                    : mendongeng
2. Melatih siswa untuk bergaul yang baik dengan menerapkan norma tata krama yang ada
3. Memberi tugas
4. Mempraktekkan
5. Tanya jawab
6. Kesimpulan
H.    Metode Pendekatan                          : Ceramah, diskusi, tanya jawab
I.       Tempat Penyelenggaraan                 : Ruangkelas X
J.       Alokasi Waktu                                 : 1 x 45 menit
K.    Waktu                                               :11.00 – 11.45
Hari/Tanggal                                 : Kamis, 05 November  2015
Semester                                  : Genap
L.     Materi                                               : Terlampir
M.   Penyelenggaraan Layanan                 : Guru BK
N.    Pihak Yang Disertakan                     :Wali kelas
O.    Alat dan Perlengkapan                      :materi, Papantulis, Spidol, penghapus.


P.    Rencana penilaian dan tindak lanjut:
1. Proses                                              : mengamati siswa dalam mengikuti layanan
2. Hasil                                                : Laiseg / laijapan
3. Rencana tindak lanjut                     :           -
4. Keterkaitan                                     :           -
Q.   Catatan Khusus                                  :           -


 Medan, 05 Novemver 2015


Mengetahui,
Kepala MAN Kabanjahe



WAHYUDI ANWAR

Pemberi Layanan/Guru Pembimbing



GISABELA PEHULISA BR.P.A










MATERI PENGUASAAN KONTEN
TATA KRAMA DALAM BERGAUL
A.     Arti Pergaulan
Bergaul yang baik adalah pergaulan dari hati dengan penuh keihlasan. Pergaulan dengan penuh rekayasa dan tipu daya demi kepentingan yang bernilai rendah tidak akan pernah ‘langgeng’ dan cenderung akan menimbulkan masalah. Bergaul  dengan hati akan membuat kita tentram dan nyaman. Kita tidak akan dihantui dengan perasaan tidak enak dan tidak ada rasa takut kehilangan.
Apalagi kita bergaul dengan orang yang sering menyakiti hati, baik secara lisan maupun sikap/perbuatan. Niscaya kita tidak akan pernah tenang dan senang bergaul  dan berdekatan dengan orang tersebut. Bahkan nantinya kita cenderung menghindari mereka. Hal ini juga berlaku bagi kita, jika kita dianggap merugikan sehingga sejak awal pun orang akan menghindari diri kita.
B.     Rambu – Rambu dalam Pergaulan
Dalam bergaul kita patut mematuhi rambu-rambu atau tata karma dalam pergaulan agar kita senantiasa membina hubungan baik dengan orang lain. Rambu-rambu tersebut adalah :
1.      Hindari Penghinaan
Janganlah pernah melakukan hal-hal yang bersifat merendahkan, ejekan, dan penghinaan dalam bentuk apapun terhadap orang lain, baik tentang kepribadiannya, postur tubuhnya, kemampuannya dan kaadaan sosialnya. Hal ini akan menimbulkan perasaan sakit hati dan dendam terhadap seseorang.
2.      Hindari Ikut Campur Urusan Pribadi
Hindari ikut campur urusan pribadi orang lain yang tidak ada manfaatnya bagi kita, bila terlibat. Karena bila kita melakukannya, yang muncul hanyalah ketidaksuka-sukaan di salah satu pihak.
3.      Hindari Memotong Pembicaraan
Janganlah suka memotong pembicaraan orang lain, jika hal ini dilakukan dalam bergaul akan berkembang menjadi ketidaksukaan bahkan kebencian dapat bersarang ditubuh seseorang. Karena betapa tidak enaknya bila kita sedang bicara kemudian tiba-tiba dipotong dan disangkal oleh orang lain.
4.      Hindari Membanding-bandingkan
Sedikitpun jangan sekali-kali secara sengaja membanding-bandingkan orang lain, baik itu berupa jasa, kebaikan penampilan, perbuatan, harta dan sebagainya. Jika orang tersebut mendengarkan menyebabkan dia merasa dirinya tidak berharga, merasa rendah diri atau sampai terhina.
5.      Jangan membela musuhnya dan mencaci kawannya.
Setiap orang mempunyai kawan yang disukai maupun yang dibenci. Bila membela musuhnya, maka kita akan bergabung dengan musuhnya. Sedangkan apabila kita membenci kawannya maka kita akan dianggap sedang mencaci dirinya. Karena orang itupun akan merasa terhina bila temannya dihina. Sebaiknya bersikaplah netral untuk kebaikan semua pihak. Sementara itu, dalam bergaul seharusnya kita prioritaskan adalah memperbanyak kawan bukan lawan.
6.      Hindari Merusak Kebahagiaan
Bila seseorang tengah suka cita, gembira dan bahagia jangan sekali-kali kita melakukan tindakan yang merusak kebahagiaan atau kegembiraannya saat itu juga.
7.      Jangan Mengungkit masa Lalunya
Janganlah pernah mengungkit kesalahan, aib atau kekurangan yang sedang berusaha ditutup-tutupi. Siapa tahu kelemahan di masa lalu sudah terhapus dengan ia bertaubat. Belajarlah untuk selalu bersama-sama memulai lembaran baru yang lebih putih, bersih dan bersemangat untuk mengisi lembaran tersebut dengan kebaikan demi kebaikan.
8.      Hati-hati dengan marah
Kemarahan yang tak terkendali dapat menghasilkan kata dan perilaku yang keji, yang akan melukai perasaan orang lain. Hal ini tentunya dapat merusak atau menghancurkan hubungan baik di lingkungan manapun.
9.      Hindari Menertawakan Orang lain.
Sebagian besar sikap menertawakan muncul karena menyaksikan kekurangan orang lain. Sikap, penampilan dan wajah terkadang membuat sebagian orang tertawa karena terlihat lucu dimata mereka. Ingatlah tertawa yang tidak pada tempatnya akan mengundang rasa sakit hati dan merasa terhina.
Berbagai macam rambu-rambu atau tata karma dalam pergaulan yang harus kita patuhi dan berbagai bentuk perilaku yang harus kita hindari agar hubungan kita dengan teman-teman kita bejalan baik. Karena hubungan petemanan yang baik tentu akan sanggat bermanfaat bagi perkembangan dan kemajuan pribadi kita.














SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING


A. Topik Permasalahan                       : Sesuai dengan permasalahan kelompok
B. Bidang Bimbingan                         : Bimbingan sosial
C. Jenis Layanan                                 : Layanan konseling kelompok
D. Fungsi Layanan                              : Pengentasan dan pengembangan.
E. Tujuan Layanan                              : Memandirikan anggota kelompok
F. sasaran Layaan                                : Kelompok  I  (12 orang)
G Uraian kegiatan dan Materi Layanan  : 
1. Tahap Pembentukan
2. Tahap Peralihan
3. Tahap Kegiatan
4. Tahap Pengakhiran
H. Metode                                           : Pemanfaatan dinamika kelompok
I.  Tempat  Penyelenggaraan               : Di ruang BK
J. Waktu,Tgl, Semester                       : 06 November 2015  Semester 1 (satu) 
K  Penyelenggara  Layanan                : Konselor Sekolah
L. Pihak-pihak yang disertakan dalam penyelenggaraan layanan dan peran masing-masing : Tidak ada 
M. Alat dan perlengkapan yang digunakan                : Kursi dan Ruangan Belajar
N. Rencana penilaian dan tindak lanjut layanan         : Dalam proses dan setelah konseling
kelompok.  
O. Keterkaitan layanan ini dengan layanan/kegiatan pendukung : 
AUM Umum dan AUM PTSDL
P. Catatan Khusus                                                      :   
1. Pertemuan dilaksanakan sesuai dengan  kesepakatan kelompok. 
            2. Minta izin kepada Wakasek Bid. Kesiswaan


TIPS MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI :
Sebelum itu ada persiapan yang perlu dilakukan sebelum terapi. Pertama benahi terlebih dahulu bagaimana cara pandang terhadap diri Anda sendiri. Kurangi pandangan buruk mengenai diri sendiri seperti anggapan bahwa diri kita lebih jelek dibanding orang lain, membosankan, tak pandai bebicara, dll. Ketika Anda memandang diri sebagai orang yang menyenangkan, ramah, dan selalu ingin membuat pertemanan dengan siapapun maka sikap Anda-pun akan berubah saat berhubungan dengan orang lain.
Gambarkan pada dirimu sendiri. Bahwa diri Anda itu jauh lebih baik dari apa yang telah Anda nilai.
Kedua, apapun keadaan Anda saat ini menjadi sangat penting untuk tetap menampilkan tindakan yang positif dan mempesona. Bagaimana cara pandang kita pada diri sendiri mutlak dipengaruhi oleh pandangan orang lain pada kita. Jika banyak orang mengatakan bahwa kita adalah orang yang menyenangkan, kita cenderung memandang diri kita adalah orang yang menyenangkan. Jadi jika selama ini Anda dinilai kurang baik (salah satunya dalam kepercayaan diri) ini waktu yang tepat untuk memulai sebuah perubahan.
Terapi untuk meningkatkan kepercayaan diri:
1. Senyum, tersenyum saat melakukan pembicaraan. Senyum itu akan meningkatkan   kepercayaan dari lawan bicara pada kita.
2.    Sapa dengan ramah, sebuah prinsip dalam berkomunikasi jika seseorang tersenyum pada kita maka kita cenderung membalasnya dengan sebuah senyuman juga. Begitu juga jika kita ramah maka orang lain cenderung akan ramah pada kita.
3.    Tampil apa adanya, disini perlu sebuah pemikiran lebih tentang tampil apa adanya. Bahwa ada kalanya orang lain tdk nyaman ketika kita tampil apa adanya. Tampil apa adanya disini perlu disesuaikan dengan pandangan orang lain tentang tampil apa adanya. Tampil adanya adalah membuat orang lain nyaman berkomunikasi dengan kita.
4.    Tetap tenang dan kontrol emosi. Ketahuilah dan pikirkan lebih dulu apa yang hendak Anda katakan. Perhitungkan dan gunakanlah logika untuk setiap kata-kata yang keluar dari mulut Anda. Tetap tenang dan jangan mudah terbawa keadaan.
5.    Hangat dan memberi simpati dalam  bersikap. Lakukanlah sedikit mungkin kritik terhadap apa yang dikatakan orang lain. Perbanyak humor dan buatlah orang lain tertawa. Perlu Anda kethui orang lain kurang senang jika mendengar keluhan dan banyak masalah yg Anda hadapi. Mereka senang berada dekat orang yang optimis.
6.    Empati. Empati itu menempatkan kaki kita di sepatu mereka. Kita dituntut belajar untuk menempatkan diri pada kondisi yang dialami orang lain. Mencoba mengerti bagaimana cara pikir mereka, dan apa yang mereka lakukan. Dalam tahap ini Anda akan lebih mengerti bagaimana cara bersikap pada orang lain dan cara pandang terhadap diri sendiri.
7.    Lakukan terapi ini terus menerus hingga menjadi kebiasaan dan menjadi jati diri Anda yang mampu percaya pada diri Anda sendiri. Karena percaya diri ini bukan masalah antara kita dengan diri sendiri tapi juga mutlak adalah masalah berhubungan dengan orang lain.

























SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING


A. Topik Permasalahan                                   : Topik Bebas
B. Bidang Bimbingan                                     : Bimbingan Pribadi dan sosial
C. Jenis Layanan                                             : Layanan bimbingan kelompok
D. Fungsi Layanan                                          : Pemeliharaan, pengembangan,dan pencegahan
E. Tujuan Layanan                                          : Menambah cakrawala berpikir siswa tentang topic yang dibahas.
F. Sasaran Layanan                                         : Kelompok  II  (12 orang)
G Uraian kegiatan dan  Materi Layanan         : 
1. Tahap Pembentukan
2. Tahap Peralihan
3.  Tahap Kegiatan
4.  Tahap Pengakhiran
H. Metode                                                       : Pemanfaatan dinamika kelompok
I.  Tempat   Penyelenggaraan                          : Di ruang BK
J. Waktu,Tgl, Semester                                   : 07  November 2015   Semester 1 (satu) 
K  Penyelenggara  Layanan                            : Konselor Sekolah
L. Pihak-pihak yang disertakan dalam penyelenggaraan layanan dan peran masing-masing : Tidak ada 
M. Alat dan perlengkapan yang digunakan    : Kursi dan Ruangan Belajar
N. Rencana penilaian dan tindak lanjut layanan : Dalam proses dan setelah bimbingan
kelompok.  
O. Keterkaitan layanan ini dengan layanan/kegiatan pendukung : 
Data Sosiometri



P. Catatan Khusus         :  
 1.   Pertemuan dilaksanakan sesuai dengan  kesepakatan
         kelompok. 
  2.   Minta izin kepada Wakasek Bid. Kesiswaan
















SATUAN LAYANAN
 KONSELING INDIVIDU

A.Topik                                   : Masalah malas kuliah
B.Bidang                                 : Pribadi Sosial
C.Jenis Layanan                      : Konseling Individual
D.Fugsi Layanan                     : Pengentasan,Pengembangan dan Pemeliharaan
E.Tujuan                                  : Mengetahui masalah konseli yang membuatnya malas kuliah
F.Sasaran Layanan                  : GL
G.Deskripsi Masalah               : GL merasa malas kuliah karena dirasa umurnya sudah tua dandia
takut bila tidak sempat membahagiakan orang tuannya mengingat umur orang tuanya yang sudah lanjut.
H.Uraian kegiatan                   :
1. Pendahuluan
a. Perkenalan
b.  Atending
c. Opening (penyambutan dan pembicaraan topik netral)

2. Kegiatan Inti
a. Pertanyaan Terbuka
b. Paraprase
c. Refleksi Perasaan
d. Konfrontasi


3. Penutup
a. Summary (meringkas)
b. Reasurrance (penguatan/dukungan)
c. Termination (pengakhiran)
 I.Metode                                            :Wawancara Konseling
J.Tempat                                              :Loby E
K.Hari,Tanggal/jam                             : senin , 09 November 2015 Jam 14:30-15:15
L.Penyelenggara                                 :Gisabela Pehulisa br. P.A
M.Pihak-pihak yang diikutsertakan    :           -
N.Alat dan Perlengkapan                    :Kertas dan Bulpoin
O.Rencana Penilaian dan Tindak Lanjut Layanan
 Rencana Penilaian
1.      Laiseg                                      :Keterbukaan GL untuk bercerita mengungkapkan masalahnya
2.      Laijapen                                  :Kerajinan GL untuk masuk kuliah dalam satu minggu.
3.      Laijapang                                 :Kerajinan GL untuk masuk kuliah dalam satu bulan.
Tindak Lanjut                                     :Memberikan layanan konseling individu lanjut bila diperlukan
P.Keterkaitan Layanan                       :Kegiatan Pendukung
Himpunan data dan AIB (Aplikasi Instrumen Bimbingan)
Q.Catatan Khusus                               :          -
Medan, 09  November 2015
Perencanaan Pelayanaan
GISABELA PEHULISA BR. P.A

MATERI KONSELING INDIVIDUAL
Tips semangat kuliah
Pada pertama kuliah mungkin di antara kita pada beranggapan kalo kuliah itu enak, bebas, santai, bisa masuk kapan aja dan terserah kita, masuk ga masuk itu urusan kita. ya mungkin itulah bayangan kita pas belum jadi mahasiswa. tapi tau ga itu adalah awal dari saat kita baru membayangkan yang namanya kuliah saja karna pada saat itu kita belum masuk ke dunia itu. Nahh algoritma jalannya kuliah dimulai saat semester pertama yang gw yakin pada pada saat itu lagi semangat-semangat berangkatnya, pagi-pagi harus bangun, mandi jebar jebur, ga lupa dandanan serapi mungkin, parfum dmna-mana dan ga da kata telat masuk kelas, IPK di targetkan di atas 3 doonk.
Saat menginjak semester dua semangat yang tadinya 100% berubh dikit jd 90% lalu semester 3 menyusut jadi 80% begtu juga ke semester-semester berikutnya sampai ada yang semangatnya tinggal 0%, dan akhirnya,tualah dia di kmpus,, duhhh ga ngebayang yang kya gitu.
kalo di tanya sebab semangat kuliah bisa menyusut pasti jawabannya sangat bnyak, yah namanya juga mahasiswa pasti urusannya bejibun kalopun ada mahasiswa yang ga ada kesibukan tapi masih males ya mungkin motivasinya udah mentok susah di angkat, jadi ya mo di bilangin kaya gimana susah, kecuali tobat dengan sendirinya.
Misalnya ada yang pengen memperbaikin tingkat semangat dalam kuliah mungkin ada sedikit tips mudah yang bisa di bagiin disini:
1.      Tips pertama yang jelas mandi dulu sebelum kuliah, kalo males mandi paksain biar mandi karna kalo badan seger otak juga seger.
2.       Sarapan pe bener-bener kenyang biar ga ada beban perut laper, kalo perut kenyang otomatis semua lancar, energi cukup semangat juga mulai ada
3.       Pas mau berangkat, bayangin lo kuliah pengen ketemu ma cwe-cwe cakep di kampus lo dan kelas lo (itu juga kalo ada yang cakep). nahh ngebayangin doank gampang kann?
4.       Niatin berangkat kuliah cuma pengen ketemu sama bokin doank (bagi yang punya bokin) ato sama temen-temen nongkrong (bagi yang punya temen nongkrong..hehehehehe), nah dengan gitu mau ga mau nanti bokin lo ato temen2 lo bakal nyuruh lo masuk ke kelas kan.. jadi kalo kaya gitu terus tiap hari, udah beres deh masalah males lo..
5.      Kalo lo males kuliah gara-gara jarak kampus yang jauh dari tempat tinggal, ya udah tips paling jitu yaitu cari kostan yang deket sama kampus. ga ada alasan males kann??
6.      Coba sekali-kali lo mikir serius kalo lo kuliah itu enggak gratis alias bayar, pasti lo sedikit-dikit bakal sadar kalo lo ga mau buang duit cuma-cuma..
7.      Kalo pengen mupuk rasa semangat lagi kayanya lo ga usah mikir macem-macem dulu dehh buat mikir begini begitu pas nanti di kelas. cukup dateng duduk perhatiin dosen and kalo bosen perhatiin dosen, lo perhatiin cwe yang paling cakep di kelas lo, sumpah jurus ini paling manjur kalo kata temen gw. kalo perlu tempat duduk lo deketan sama doi,
8.      Bagi yang jomblo, jalan satu-satunya biar lo bisa semangat kuliah lagi kayanya lo harus cari cwe yang satu kampus, minimal cari gebetan biar lo bisa sering2 ketemu..!!
kesimpulannya sih menurut gw ga ada alasan kita untuk males masuk kuliah. masalah utama itu tentunya ada di diri sendiri, motivasiin diri sendiri kalo ga ada orang yang motivasiin lo. belajar menggurui diri sendiri.













SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING

A.    Topik Permasalahan/Bahasa              : Perkelahian antar Teman
B.     Bidang Bimbingan                           : Sosial
C.     Jenis Layanan                                   : Layanan Mediasi
D.    Fungsi Layanan                                 : Pengentasan
E.     Tujuan Layanan                                : Mendamaikan antara ke dua belah pihak
F.      Sasaran Layanan                              : Siswa
G.    Uraian kegiatan/materi layan            :
1.      Menerimapihak-pihak yang berselisihataubertikai
2.      Menyelenggaraanperstrukturanlayananmediasi
3.      Membahasmasalah yang dirasakanolehpihak-pihak yang menjadipesertalayanan
4.      Menyelenggarakanpengubahantingkahlakupesertalayanan
5.      Membinakomitmenpesertalayanan demi hubunganbaikdenganpihak - pihak lain
6.      Melakukanpenilainsegera (laiseg)

H.    Metode                                              :
I.       Tempat penyelenggaraan                 : Ruang BK
J.       Tanggal                                            : 6 Januari 2017
K.    Penyelenggara layanan                      : Guru BK
L.     Pihak yg disertakan                          : Konselor
M.   Alat/Kelengkapan                              : infocus
N.    Penilaian dan Tindak Lanjut : Laiseg, Laijapen
O.    Kaitan ke satlan lain                          : saling terkait
P.      Catatankhusus                                 :







SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN KONSELING


A.    Topik  pembahasan                 :Konsultasi tentang cara belajar
B.     Bidang Bimbingan                  : Belajar
C.     Jenis Layanan                          : Layanan Konsultasi
D.     Fungsi Layanan                      :  Pemahaman dan Pengembangan
E.     Hasil Yang InginDicapai        :
1. Konseli mampu Menemukan Cara Belajar Yang Sesuai DenganDirinya.
2. Memiliki motivasi untuk belajar dengan rajin
F.      Sasaran Layanan                     :Siswa Kelas IX
G.    Uraian Kegiatan dan Materi Layanan :
1. Factor-faktor Yang mempengaruhibelajardan Cara belajar.
2. Memotivasisiswauntukbelajardenganrajin.
H.    Metode                                    :wawancara
I.       Tempat Penyelenggaraan        : Ruang Bimbingan Konseling
J.       Waktu/Tanggal Semester        : ganjil
K.    Pihak-Pihak yang dilibatkan   : Guru BK, Guru matapelajaran dan siswa
L.     Alat dan Perlengkapan            : buku pelanggaran siswa Buku Pribadi dan absensi
siswa
M.    Rencana Penilaian dan Tindak :
1. Observasitingkahlakusiswasetiapharisecaraberkala
2. Kunjunganrumahbiladiperlukan
N.     Keterkaitan Layanan dengan
O.    Kegiatan Pendukung              : Himpunan data
P.      CatatanKhusus                        : diberi brosur tentang perguruan tinggi




                                                                                                         Medan, 04-11-2015 Mengetahui                                                                                       Perencana
Kepala Sekolah                                                                                KegiatanLayanan


WAHYUDI ANWAR                                                               GISABELA PEHULISA























SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN KONSELING


A.    Topik  pembahasan                 : advokasi mengenai membela hak siwa yang tidak mendapatkan buku
B.     Bidang Bimbingan                  : Belajar
C.     Jenis Layanan                          : Layanan Advokasi
D.     Fungsi Layanan                      :  mendapatkan hak siswa kembali
E.     Hasil Yang InginDicapai        :
1. Konseli mampu Mendapatkan haknya untuk menerima buku
2. Memiliki motivasi untuk selalu menuntut haknya.
F.      Sasaran Layanan                     :Siswa Kelas IX
G.    Uraian Kegiatan dan Materi Layanan :
1. Factor-faktor Yang menyebabkan siswa tidak mendapatkan buku.
2. Memotivasi siswa untuk menuntut haknya yang harus diperolehnyabelajar.
H.    Metode                                    :wawancara
I.       Tempat Penyelenggaraan        : Ruang Bimbingan Konseling
J.       Waktu/Tanggal Semester        : ganjil
K.    Pihak-Pihak yang dilibatkan   : Guru BK, Guru matapelajaran dan siswa
L.     Alat dan Perlengkapan            : buku data siswa yang belum mendapat buku, dan penjelasan dari teman – temannya.
M.    Rencana Penilaian dan Tindak :
1. Observasi tingkah laku siswa setiap hari secara berkala
2. Kunjungan rumah bila diperlukan
N.     Keterkaitan Layanan dengan
O.    Kegiatan Pendukung              : Himpunan data
P.      CatatanKhusus                        : diberi nasihat agar menuntut haknya apabila belum diberikan buku.


                                                                                                         Medan, 04-11-2015 Mengetahui                                                                                       Perencana
Kepala Sekolah                                                                                KegiatanLayanan


WAHYUDI ANWAR                                                                       GISABELA PEHULISA

3 komentar:

  1. banyak kak contohnya..
    back ya kak
    https://irvanhermawanto.blogspot.co.id/2016/12/contoh-satuan-layanan-bimbingan-dan.html

    BalasHapus
  2. banyak kak contohnya..
    back ya kak
    https://irvanhermawanto.blogspot.co.id/2016/12/contoh-satuan-layanan-bimbingan-dan.html

    BalasHapus
  3. Tolong share contoh laporan pelaksanaan layanan mediasi, mungkin teman teman yg sudah pernah membuat

    BalasHapus